Digilife

Verifikasi Instagram Bakal Pakai Video Selfie, Aman Gak Ya?

  • 18 November 2021
  • Bagikan :
    Verifikasi Instagram Bakal Pakai Video Selfie,  Aman Gak Ya?

    Ilustrasi foto: Obi Onyeador/Unsplash

    Uzone.id - Maraknya akun-akun palsu alias akun bot di sosial media seringkali membuat kesal pengguna lain. Apalagi akun bot ini biasanya berpura-pura menjadi orang lain. Nah, Instagram sepertinya mempunyai cara untuk mengatasi masalah ini.

    Aplikasi media foto dan video ini akan segera menerapkan sistem verifikasi identitas menggunakan video selfie.

    Kabar ini disampaikan oleh pengamat sosial media Matt Navarra dalam akun Twitternya. Ia menemukan fitur di Instagram yang meminta pengguna merekam video selfie untuk mengonfirmasi siapa mereka.

    Baca juga: Instagram Uji Coba Gabungkan IGTV dan Video Feed Jadi Reels

    Sekarang, Instagram menggunakan video selfie untuk mengonfirmasi identitas pengguna. Meta berjanji takkan mengumpulkan data biometrik,” tulis Navarra, Selasa, 16/11/2021.

    Bagi yang khawatir akan akses keamanan Instagram dalam video, menurut tulisan yang ditunjukkan Navarra, pihak Instagram takkan mempublikasikan video selfie tersebut dan akan segera dihapus setelah 30 hari.

    Pihak Instagram juga mengklaim bahwa fitur baru ini takkan digunakan untuk sistem pengenalan wajah atau pengumpulan data biometrik.

    Baca juga: Instagram Bakal Matikan Aplikasi Perpesanan Threads

    Hal ini sejalan dengan pengumuman Meta baru-baru ini yang menyebut bahwa mereka telah mematikan sistem pengenalan wajah dan menghapus data-data di dalamnya.

    Ternyata ini bukan kali pertama Instagram mencoba fitur ini, beberapa bulan lalu fitur ini sempat dikembangkan namun pada akhirnya dibatalkan akibat adanya masalah teknis.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini