icon-category Auto

Vespa Elettrica Hadir Dijual di Indonesia, Berapa Unit?

  • 25 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - PT Piaggio Indonesia (PID) beberapa pekan lalu meluncurkan skuter listrik Vespa Elettrica. Skuter asal Italia ini hadir di Indonesia sebagai yang pertama untuk wilayah Asia Pasifik.

Namun ternyata Vespa Elettrica hadir di Indonesia dalam jumlah yang sangat terbatas. Kira-kira berapa unit yang akan dijual oleh PT PID?

Ayu Hapsari selaku PR & Communication Manager PT PID menyebutkan respon masyarakat terhadap hadirnya Vespa Elettrica sangat baik. Bahkan sudah terdapat beberapa yang memesan dan sedang dalam proses pengiriman ke konsumen.

"Sudah (ada yang beli). Tapi maaf saya tidak bisa sebutkan angkanya. Namun yang pasti sudah ada pembelinya dan unitnya sudah kami kirim ke konsumen," ujar Ayu di Senayan, Jakarta, Kamis (24/8) kemarin.

Ayu juga menyebutkan jumlah Vespa Elettrica yang dijual oleh PT PID sangat lah terbatas. Namun lagi-lagi dirinya enggan menyebutkan jumlah unit yang akan dijual di Indonesia.

"Sedikit, limited," ujarnya singkat.

alt-img

Sebagai tambahan informasi, Vespa Elettrica bisa digunakan untuk melaju dengan kecepatan maksimal hingga 67 km/jam. Hal tersebut didukung oleh beberapa komponen seperti Power Unit, Vehicle Management System, dan baterai.

Baterai dari Vespa Elettrica sendiri menggunakan komponen lithium-ion yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer pad amode ECO dan 70 kilometer pada mode POWER.

Di sisi lain, Vespa memberikan fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu memberikan efisiensi pengisian daya. Fitur ini juga memungkinkan Vespa Elettrica untuk mengisi ulang baterai saat deselerasi kecepatan.

Kemudian untuk mengisi daya baterainya, bisa dilakukan dengan menggunakan kabel yang tersedia di kompartemen dan disambungkan ke stop kontak langsung. Pengisian baterainya sendiri membutuhkan waktu 4-8 jam.

Sementara untuk penggerak lsitriknya, Vespa Elettrica dibekali daya sebesar 3,6 kW dan daya puncaknya mencapai 4 kW dengan torsi sebesar 200 Nm.

Mengenai baterai dari Vespa Elettrica ini diklaim mudah, ramah penggunaan, serta bebas perawatan. Baterainya diklaim bisa bertahan hingga 1.000 siklus pengisian penuh.

Bahkan setelah mencapai 1.000 siklus pengisian, kondisi baterai masih 80% dan disebutkan bisa tetap digunakan dengan sempurna.

Mengenai harga jualnya, Vespa Elettrica dibanderol sebesar Rp198 juta untuk on the road DKI Jakarta.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini