icon-category Auto

Vespa Menang Paten Desain: Gak Bakal Ada Lagi ‘Vespa KW’ di Indonesia?

  • 21 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pengadilan Uni Eropa baru-baru ini memberikan kemenangan kepada Piaggio Group atas hak paten Vespa, yang tentunya berdampak ke pabrikan China jadi tidak bisa menjual 'Vespa KW' lagi. Lantas, bagaimana dengan pasar Indonesia?

Kita tahu bahwa di Indonesia masih banyak kendaraan roda dua yang menggunakan desain seperti sebuah Vespa, khususnya motor listrik. Ayu Hapsari selaku PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia Ayu mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan arahan terkait hasil pengadilan di Uni Eropa.

"Kami mengetahui perkembangan berita di atas. Namun perlu saya sampaikan kembali bahwa keputusan ini adalah keputusan dari pengadilan Uni Eropa. Sampai saat ini, Indonesia belum mendapatkan arahan yang berhubungan dengan keputusan ini," jawab Ayu saat dihubungi Uzone.id.

alt-img

Sebelumnya Marco Noto La Diega selaku Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia pernah buka suara terkait hal ini. Marco menyebutkan pihaknya tidak masalah dengan pihak yang meniru desain Vespa, menurutnya produk yang dijualnya memiliki karakter tersendiri yang menjadi ciri khas.

"Kami menghargai semuanya yang terinspirasi dari karakter Vespa. Kalau pun tampilannya mirip, tapi Vespa adalah Vespa, ada ciri khas dan konsumen pasti bisa membedakan," ujar Marco saat ditemui di Jakarta dalam peluncuran Primavera Color Vibe, Selasa (4/4).

Di sisi lain Marco justru berpendapat hadirnya produk yang mirip Vespa membuat persaingan otomotif jadi semakin berkembang.

"Kompetisi bagus untuk negara, bagus untuk konsumen, dan bagus untuk produsen. Itu kenapa kita harus membangun ekosistem kita dan mencari tahu apa selanjutnya," lanjutnya.

Seperti yang banyak diketahui, di Indonesia banyak motor listrik yang menjiplak desain dari Vespa. Di antaranya yang kami ketahui adalah merek UWinfly T3 yang dijual hanya Rp 10 jutaan saja.

Vespa memang memiliki desain ikonik yang sudah berlangsung selama puluhan tahun. Tak heran ketenarannya membaut pabrikan China meniru tampilan tersebut.

Salah satu pabrikan China yang meniru desain Vespa adalah Zhejiang Zhongneng Industry Group lewat merek ZNEN. Dikutip dari Rideapart, Vespa telah mengajukan paten desain motor mereka kepada Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) pada 2014.

Namun setelah Zhongneng Zhejiang mengakuisisi Moto Morini, EUIPO membatalkan gugatan Vespa terkait hak intelektual desain. Hal ini membuat perusahaan China itu tetap memproduksi motor-motor yang secara desainnya mirip dengan Vespa.

Kemudian pengadilan Uni Eropa akhirnya memberikan kemenangan kepada Piaggio Group atas hak paten Vespa. Hal ini membaut skuter jiplakan Vespa dari China tak bisa lagi dipasarkan di Eropa.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini