home ×
Auto

Vespa Mulai Kehilangan Tempat di Tanah Kelahirannya

06 October 2018 By
Vespa Mulai Kehilangan Tempat di Tanah Kelahirannya
Share
Share
Share
Share

Kabar tidak sedap hadir dari pabrikan kendaraan roda dua asal Italia, Piaggio. Pabrikan yang berhasil harum namanya lewat produk bernama Vespa itu harus menelan pil pahit akibat kebijakan Wali Kota Genoa yang baru. 

Revzilla melansir, Marco Bucci akan menegakkan mosi untuk melarang Vespa klasik dan sepeda motor berpolusi lainnya berkeliaran di jalan-jalan kota Genoa. 

Walikota Genoa Marco Bucci menilai, motor-motor yang berpolusi termasuk Vespa harus segera digantikan dengan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. 

Sebelumnya, guna menekan emisi gas buang kendaraan, kebijakan pembatasan umur Vespa pernah mencuat pada tahun 2016. Pemerintah setempat saat itu menggulirkan kebijakan berupa batasan umur Vespa yang boleh melintas di dalam kota adalah paling tua berumur 1999.   

Hanya saja dengan dukungan komunitas lingkungan dan persatuan pemilik Vespa tua yang jumlahnya lebih dari 20 ribu orang berhasil membuat pemerintah setempat menunda kebijakan tersebut. 

Balik lagi soal mosi dari Marco Bucci tadi, belum diketahui kebijakan apa yang akan digulirkan. Apakah kembali mengajukan kebijakan yang sama pada tahun 2016 lalu atau mengambil sikap yang lebih agresif. 

Apabila pemerintah membatasi segala macam Vespa bermesin konvensional, Vespa Elettrica, model Vespa listrik menjadi satu-satunya model yang tidak terkena dampak skenario penghapusan Vespa bermesin bensin. Namun pelarangan ini tetap saja mengancam pecinta skuter yang berusaha melestasrikan Vespa tua di tanah kelahirannya.

Di belahan bumi lain, pecinta Vespa beserta produk motor lainnya sedang berusaha menentang kebijakan pemerintahnya soal penghapusan dan pembatasan sepeda motor tua. 

Contohnya di Paris, pengguna sepeda motor di Kota Mode berusaha menentang penggunaan sepeda motor pada tahun 2020. Hal yang sama terjadi di Hanoi, sejumlah komunitas pemilik motor juga sedang dihantui penghapusan sepeda motor pada tahun 2030 dan tahun 2028 di Singapura. 

Pabrikan Piaggio yang sejak awal membuat lokomotif dan pesawat tempur, mulai memproduksi Vespa pasca Perang Dunia II. Saat jalanan kota hancur akibat bom, maka dibutuhkan kendaraan pengganti mobil yang lebih efektif. 

Lewat wujudnya yang unik, Vespa menjadi terkenal di luar Italia. Salah satunya karena film 'Roman Holiday' yang dibintangi Audrey Hepburn dan Gregory Peck pada tahun 1953. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article