icon-category Digilife

Video Hoaks Kecelakaan Kobe Bryant Tersebar di YouTube

  • 28 Jan 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    (Foto: dok. Instagram @kobebyrant)

    Uzone.id -- Pebasket dan bintang NBA Kobe Bryant, anak perempuannya Gianna, dan 7 awak penumpang lainnya tewas pada Minggu (26/1) waktu setempat setelah helikopter yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan. Mirisnya, duka seperti ini masih saja dimanfaatkan oleh oknum yang ingin menyebar hoaks.

    Dunia berduka untuk Kobe Bryant sejak kemarin. Terlepas dari belasungkawa yang dihaturkan oleh berbagai lapisan masyarakat, ternyata masih saja ada pihak yang memanfaatkan tragedi ini untuk cari perhatian.

    Di platform YouTube ada video yang diklaim memperlihatkan kecelakaan yang dialami helikopter Bryant. Video tersebut diunggah pada Minggu kemarin dan masih tayang sampai hari Senin waktu AS.

    Baca juga: Netizen Berduka untuk Kobe Bryant

    Diberi judul “Video Footage Helicopter crash of Kobe bryant with her daughter”, video tersebut telah mendulang 1,4 juta views. Sialnya, si pengunggah mematikan kolom komentar, jadinya tak ada yang bisa memperingatkan kalau video tersebut adalah hoaks.

    Mengutip Cnet, ternyata gak cuma satu video. Ada pula video lain yang juga diunggah pada Minggu kemarin dengan 325 ribu views. Bedanya, video ini tidak mematikan fungsi komentar, sehingga banyak netizen geram yang menulis bahwa konten tersebut tidak benar.

    Ayolah, video ini gak benar. Lihat datarannya, bukit California tak seperti itu bentuknya. Dan ada kabut kalau menurut laporan cuaca,” tulis seorang netizen dengan nama pengguna Renee Franklin.

    Baca juga: Posting di IG Soal Kecelakaan Kobe Bryant, Saaih Halilintar Malah Dihujat

    Dari beberapa laporan yang beredar, tampaknya kecelakaan udara yang diperlihatkan di beberapa video hoaks tersebut diambil dari peristiwa penyelamatan dari kecelakaan helikopter di Uni Emirat Arab pada Desember 2018. Dalam insiden tersebut, 4 orang meninggal dunia.

    Pihak YouTube belum menanggapi terkait video-video hoaks kecelakaan Bryant tersebut.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini