Digilife

VIDEO: Nekat Normal Modal Aplikasi Sakti

  • 21 October 2021
  • Bagikan :

    Uzone.id -- Sebelum pandemi melanda, tidak ada yang kepikiran kalau kehidupan yang lalu itu adalah sebuah kondisi normal yang akan didambakan masyarakat. Pandemi datang, semua orang terpaksa menjalani gaya hidup penuh aturan demi keselamatan banyak orang.

    Setelah berdiam di rumah dalam waktu yang lama, pemerintah di Indonesia tetap ingin menggerakkan roda perekonomian negeri, sehingga tidak pernah ada aturan lockdown sepenuhnya. Alhasil, warga yang menjalankan aktivitas di luar rumah harus mengenakan masker dan social distancing.

    Di tahun kedua pandemi ini, warga mendapatkan beberapa pengalaman baru di tengah pandemi, vaksin salah satunya. Dengan administrasi dan sistem pelaksanaan yang terkadang rapi terkadang bikin naik emosi, sudah banyak masyarakat yang menjalani vaksinasi.

    Program vaksin yang menghasilkan sertifikat ini kemudian dapat menjadi alat masyarakat sebagai bukti dirinya dapat bepergian ke sana kemari. Menariknya, demi segalanya serba terintegrasi dalam satu sistem, pemerintah mewajibkan warga mengunduh aplikasi mobile bernama PeduliLindungi.

    Aplikasi yang telah hadir sejak 2020 ini mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam perannya. Kini tak hanya sebagai alat mengecek lokasi berada di zona hijau, kuning, merah, atau keberadaan puskesmas terdekat, PeduliLindungi sudah terintegrasi dengan data Kementerian Kesehatan terkait status vaksinasi hingga Covid-19 itu sendiri.

    Masuk mal, restoran, kafe, perkantoran, hingga fasilitas umum seperti bandara dan stasiun KRL pun mewajibkan scan QR Code melalui PeduliLindungi agar bisa check-in.

    Yup, Indonesia sedang nekat ingin normal kembali bermodalkan aplikasi ini. Seberapa sakti PeduliLindungi dalam menunjang kehidupan di luar rumah ini? 

    Simak opini kami di video ini, ya!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini