home ×
News

Jumlah View YouTube Kaesang Meroket setelah Dilaporkan ke Polisi

07 July 2017 By
Jumlah View YouTube Kaesang Meroket setelah Dilaporkan ke Polisi
Share
Share
Share
Share

Pasti ada hikmah yang bisa diambil Kaesang Pangarep atas segala masalah yang menghampiri, termasuk soal laporan dugaan ujaran kebencian yang ditujukan kepadanya.

Setidaknya, keramaian ini memberi hikmah pertumbuhan view di channel YouTube-nya. Lumayan lho, jadi lebih populer.


Semua sudah tahu, seorang warga Bekasi bernama Muhammad Hidayat, melaporkan Kaesang ke Polres Bekasi Kota pada 2 Juli 2017, karena menilai ada unsur ujaran kebencian pada beberapa argumen di vlog YouTube bertajuk "#BapakMintaProyek" Media massa mulai memberitakan isu ini pada 4 Juli 2017, dan di sana video "Papa Minta Proyek" disematkan di banyak artikel media online. Wih... pasti meroket itu jumlah view.

Kami di kumparan (kumparan.com) kemudian mengamati pertumbuhan subscriber dan view YouTube Kaesang untuk mengetahui seberapa besar pengaruh isu ini ke aktivitas channel. Adapun alat bantu analisis data yang digunakan adalah SocialBlade dan DBase.Tube. Keduanya aplikasi gratis tapi cukup bisa diandalkan dalam memantau data.


Subscriber

Kami sempat dibuat bingung oleh data jumlah subscriber YouTube Kaesang yang tidak ada perubahan sejak 1 Juli 2017 hingga hari Jumat (7 Juli 2017) pada dua alat bantu yang dipakai. Anak bungsu Presiden Jokowi ini sepertinya mengambil langkah menyembunyikan data jumlah subscriber-nya dari publik sehingga SocialBlade dan DBase.Tube tidak bisa mendeteksi secara real-time.

Data subscriber yang dicatat terakhir adalah tertanggal 30 Juni 2017 sebesar 309.989 menurut SocialBlade, dan sebanyak 314.733 menurut DBase.Tube pada 2 Juli 2017.



View

Beruntung, data view yang sudah diraih channel Kaesang tidak disembunyikan. Data YouTube, SocialBlade, dan DBase.Tube, semua menunjukkan jumlah view di channel Kaesang berjumlah 20.264.527 hingga Jumat (7 Juli 201) pukul 09.30 WIB. Jumlah ini mengalami pertumbuhan dari view sebesar 18.825.470 pada 2 Juli, hari di saat Kaesang dilaporkan Muhammad Hidayat dalam dugaan ujaran kebencian.

Itu berarti pertumbuhan jumlah view di channel Kaesang sejak 2 Juli sampai 7 Juli, tumbuh sebesar 1.439.057 view. Kalau melihat statistik di DBase.Tube, pertumbuhan view ini adalah yang terbesar dalam periode mingguan semenjak Kaesang membuat channel pada 12 Mei 2013. Dapat dipastikan banyak warga yang menonton ulang video garapan Kaesang.

Dari 31 video yang ada, video #BapakMintaProyek tercatat sebagai konten yang mendapatkan komentar terbanyak (10.681 komentar) dan like terbanyak (74.164 like).



Pendapatan?

Pertumbuhan jumlah view itu tentu memberi efek positif pada pendapatan Kaesang dari YouTube. Diketahui dia adalah pengguna yang mengaktifkan fitur monetize YouTube.

Soal nilai pendapatan ini cuma si pemilik akun yang tahu pasti, tetapi SocialBlade memprediksi pendapatan channel Kaesang meroket di tanggal 2 Juli atau di hari saat ia dilaporkan, dengan perkiraan harian sebesar 169 dolar AS (Rp 2,25 juta) sampai 2.700 dolar AS (Rp 36 juta). Lumayan...

Itu tadi beberapa faedah yang bisa diambil Kaesang dari aksi Muhammad Hidayat yang melaporkannya ke polisi dalam dugaan ujaran kebencian. Lumayan, view meroket secara alami, padahal YouTuber lain setengah mati meningkatkannya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article