icon-category News

Viral 3 Oknum Polisi Berfoto Injak Bangkai Hiu di Yogyakarta

  • 28 Aug 2018 WIB
  • Bagikan :

    Sebuah foto yang memperlihatkan tiga orang mengenakan seragam polisi tengah menginjak seekor hiu viral di media sosial. Belakangan, foto tersebut berlatar belakang Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

    Di pantai tersebut memang diketahui ada seekor hiu tutul terdampar karena mati. Kontan foto tiga oknum polisi injak hiu tersebut langsung menuai kecaman. Terutama dari kalangan pecinta satwa dan tumbuhan yang tergabung dalam Forum Edukasi Satwa dan Tumbuhan (FOREST).

    "Berkenaan dengan terdamparnya hiu tutul atau hiu paus (rhincodon typus) di Pantai Parangkusumo, tiga orang berpakaian polisi menginjak dan berdiri berfoto ria di atas hiu malang tersebut, telah menjadikan keprihatinan dari berbagai komunitas pecinta satwa termasuk para partisipan dan jaringan kami," kata Hanif Kurniawan dari Bidang Advokasi FOREST melalui keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Selasa (28/8/2018).

    Hanif menyayangkan tindakan oknum polisi yang dinilai tidak punya etika dalam melihat hiu tutul tersebut. Menurut Hanif, hiu tersebut berstatus dilindungi, sehingga perlu ada tindakan khusus meskipun hewan itu sudah mati.

    "Kami sayangkan, itu sangat tidak etis dan melukai perasaan kawan-kawan pecinta satwa. Apalagi hiu tutul dilindungi secara khusus," kata Hanif.

    Bagi Hanif hal tersebut tidak mencerminkan adanya sikap menghargai serta mencintai satwa kebanggaan Indonesia.

    "Lebih parah lagi ketiga orang berpakaian polisi tersebut merupakan anggota resmi Polri," ujarnya.

    Hanif melalui FOREST meminta agar pihak kepolisian bijaksana dalam menangani hewan yang dilindungi tersebut. Ia juga meminta kepolisian meningkatkan wawasan serta kecintaan terhadap satwa agar pengetahuan akan hewan yang dilindungi bisa lebih peka dalam menangani.

    "Kami memohon kepada Kapolda agar wawasan dan semangat cinta satwa menjadi keasadaran dan prinsip setiap langkah kawan-kawan Polri terutama di DIY, " ungkapnya.

    Saat ini Forest telah melayangkan surat kepada Kapolda DIY untuk dapat memproses tiga oknum polisi yang berpose di foto tersebut. Sementara itu pihak Kapolsek Kretek yang membawahi zona Parangtritis saat dikonfirmasi belum memberikan jawaban.

     

    Berita Terkait:

    Tags : polisi viral hiu oknum 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini