icon-category Digilife

Viral Alfamart vs Pencuri Coklat, Ancaman UU ITE Jadi 'Jalan Ninja'

  • 15 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Edgar Moran @ymoran/Unsplash

    Uzone.id - Setelah sibuk mengawal dan menjadi detektif dadakan dalam menebak misteri pembunuhan Brigadir J, warganet kini mengalihkan perhatian mereka ke kasus karyawan Alfamart yang dituntut UU ITE karena memvideokan seorang pembeli yang ketahuan mencuri.

    Yang bikin warganet geram, bukannya si pencuri yang minta maaf tapi malah karyawan Alfamart yang harus melakukan video permintaan maaf. 

    Kabar ini jadi gorengan warganet, mereka mengecam ibu-ibu pelaku pencurian tersebut yang effort menyewa pengacara demi membuat si karyawan minta maaf padanya. Video perminta maafan yang diunggah @Mei2Namaku mendadak viral dan sudah ditonton lebih dari 4,3 juta kali.

    Warganet menyayangkan aksi sang pelaku yang malah menuntut balik karyawan Alfamart, mereka menyebut sang pelaku ‘jumawa’ dan playing victim karena bisa menyewa pengacara dan mengancam si karyawan dengan UU ITE.

    woah, orang kaya sekalinya maling malah ngerasa jadi korban, mana pake manggil lawyer segala, Hello bu? aduh sayang banget sama mobil, coklat aja sampe nyolong, kasian mbak alfanya yg berusaha jaga toko dengan baik, ini @alfamart  apa tindakanmu? ngueng saya tunggu kabarnya ya,” tulis warganet.

    Baca juga: Recap News Pekan Ini: Warganet Terus Kawal Kasus Brigadir J

    Pemilik @alfamart itu termasuk 10 orang terkaya di Indonesia, masa membiarkan karyawan nya diperlakukan seperti ini. Ga ada pembela, ga ada tuntutan ke maling coklat, kalau barang hilang karyawannya dipotong gajinya untuk nombokin,” tulis warganet lainnya.

    Bayar lawyer bisa masa bayar coklat gabisa(?)????,” sindir warganet.

    Kabar ini makin menyebar ke berbagai pihak, termasuk pengacara kondang Hotman Paris. Pihak Alfamart pun tak tinggal diam, mereka memberikan keterangannya dalam akun Twitter resmi mereka.

    Usut punya usut, alasan mengapa sang pelaku bisa menggunakan UU ITE sebagai ancaman untuk menuntut ternyata karena video tersebut tersebar ke media sosial setelah permasalahan selesai. Ia merasa dirugikan karena videonya ketika ke-gep malah ramai di media sosial.

    Permasalahan ini masih terus berlangsung dan menjadi trending topic di Twitter per hari Senin, (15/08). Bahkan, Hotman Paris pun ingin membantu sang karyawan untuk melawan si pelaku. 

    Kabar terakhir, warganet mulai memberikan sanksi kepada si pencuri dengan ramai-ramai memberi bintang satu dan menulis review tak bagus di toko ponsel milik Mariana (nama si pelaku) di Google.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini