home ×
Digilife

Viral Cuitan Dokter AS Faheem Younus, Komentari Mandi Sauna di Lenteng Agung

19 July 2021 By
Viral Cuitan Dokter AS Faheem Younus, Komentari Mandi Sauna di Lenteng Agung
Share
Share
Share
Share

dr. Faheem Younus (Foto: Tangkapan layar YouTube Gusdurian TV)

Uzone.id - Dr Faheem Younus merupakan pakar pakar penyakit menular dari University of Maryland Upper Chesapeake Health, Amerika Serikat.

Faheem Younus tampaknya sangat peduli dengan kondisi pandemi di Indonesia. Dia beberapa kali memberikan nasehat bagaimana menangani virus Covid-19 yang benar melalui akun Twitter @FaheemYounus.

Bahkan, sudah beberapa kali juga Faheem Younus meluruskan kabar hoax mengenai virus Covid-19 yang melanda Indonesia, termasuk hoax susu merek Bear Brand yang dipercaya bisa menyembuhkan pasien Covid-19, yang menurutnya tidak benar.

Terakhir, pemilik lebih dari 480 ribu followers Twitter itu mengomentari video viral tempat "Mandi Sauna" yang berada di RT 006 RW 001 Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang dipercaya dengan mandi uap di tempat mandi sauna itu bisa meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas) sehingga bisa terhindar dari virus corona.

BACA JUGA: Pak SBY Muncul di Film The Tomorrow War, Netizen Indonesia Heboh

Tempat mandi uap itu dibuat sederhana. Terlihat sebuah kotak yang cukup untuk masuk satu orang dengan pintu resleting mirip lemari pakaian bahan plastik yang dijual di pasar.

Menurut Faheem Younus, tempat mandi sauna itu sama sekali tidak bisa membuat orang terhindar dari virus corona. Sebaliknya, malah bisa menyebarkan virus.

"Manfaat Nol. Tapi itu bisa menyebarkan virus lebih lanjut di lingkungan tanpa masker dan aerosol ini. Tolong jangan lakukan itu...," twit Faheem Younus menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris.

Manfaat Nol. Tapi itu bisa menyebarkan virus lebih lanjut di lingkungan tanpa masker dan aerosol ini. Tolong jangan lakukan itu... pic.twitter.com/PP2Shv7btu

— Faheem Younus, MD (@FaheemYounus) July 17, 2021

Dalam video viral itu memperlihatkan beberapa warga terlihat antusias bergantian masuk ke dalam bilik sauna keliling gratis.

Mereka percaya dengan masuk ke bilik sauna selama 15 menit bisa meningkatkan imunitas. Uap yang keluar di bilik sauna merupakan hasil dari rebusan rempah-rempah.

Melansir dari Tribunenews, Doni - sopir ambulans pasien dan jenazah Covid-19 - membuat testimoni setelah masuk ke dalam bilik mandi sauna. Dia mengaku badannya terasa segar usai melakukan mandi sauna di bilik tersebut.

Doni mengaku ide mandi sauna ini berasal dari sebuah komunitas di Parung, Depok, sebelum ada pandemi Covid-19.

Mandi sauna awalnya dipakai untuk pengobatan terapi untuk penyembuhan stroke, gula hingga kolesterol

"Itu sudah dibuktikan di Parung. Saya sempat kena struk ringan sampai dua kali. Karena ingat teman dari Parung itu saya bikin sauna sendiri di rumah. Ternyata enakan," ungkapnya kepada TribunJakarta.com.

Siapa Faheem Younus?

Faheem Younus adalah dokter pemenang penghargaan dan eksekutif dokter bersertifikat (CPE) yang memimpin program kualitas dan keamanan pasien di Universitas Maryland Upper Chesapeake Health.

Selain itu, Faheem Younus juga tergabung dalam Organisasi Penyakit Menular Amerika serta aktif menulis untuk Washington Post hingga The Huffington Post.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id