Digilife

Viral di TikTok, Perjuangan Menyambungkan Kabel Bawah Laut Diduga Milik IndiHome Telkom

  • 22 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: Daniel..921/TikTok

    Uzone.id - Beberapa hari terakhir,warganet di sosial media ramai-ramai mempertanyakan layanan Telkomsel dan Indihome yang tidak bisa diakses. Bahkan, keduanya masuk jajaran trending topic Indonesia di Twitter.

    Menanggapi hal tersebut, Telkom Group melaporkan bahwa gangguan ini terjadi pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, Kalimantan) ruas Batam-Pontianak.

    Di balik keluh kesah warganet mengenai gangguan pada jaringan internet mereka, ada pekerja yang sudah bekerja keras memulihkan dan memperbaiki sistem kabel komunikasi di bawah laut yang membentang sepanjang daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

    Baru-baru ini, sebuah video TikTok menampilkan perjuangan para teknisi untuk menyambungkan kembali kabel bawah laut. Diduga video tersebut menampilkan teknisi Telkom untuk memberikan solusi penyebab jaringan Telkomsel dan Indihome terganggu. 

    Video berdurasi 12 detik ini viral di TikTok dan telah ditonton 8,2 juta warganet semenjak pertama kali diunggah oleh akun @daniel..921 pada 21 September 2021.

    Terlihat beberapa potret para teknisi yang menyelam ke dasar laut untuk menyambung kembali kabel bawah laut yang menjadi penyebab adanya gangguan, yang diduga berimbas pada jaringan internet Telkomsel dan Indihome.

    Daniel pun menambahkan caption “mohon maaf atas ketidaknyamanan ????????” pada video tersebut.

    @daniel..921

    ##indihome ##telkomindonesia ##fypage ????????????mohon maaf atas ketidak nyamannya ????????

    ♬ suara asli  - Die

    Tentu video ini mendapat berbagai reaksi dari warganet. Komentar dari warganet memenuhi video tersebut. Kebanyakan warganet mendoakan dan menghargai kerja keras para teknisi tersebut.

    Gue cancel deh keluhan gue sama jaringan internet,” tulis sebuah akun dengan nama I’m okey, yang sudah di like 122,9 ribu orang.

    Sehat-sehat terus buat masnya,” komentar lain mendoakan.

    Setidaknya dia berusaha untuk membuat kalian nyaman walau nyawa taruhannya,” tulis warganet lain.

    Lihatlah ada orang yang bekerja keras demi kebahagiaan kita, para pengguna internet,” komentar warganet lain.

    Diketahui kini layanan dari Telkom Group, baik IndiHome maupun Telkomsel sudah berangsur dan kembali normal. Pengguna sudah mulai mendapatkan kembali akses pada layanan tersebut.