home ×
Digilife

Virus Komputer Pertama yang Disebar ke Dunia Ternyata Dibuat oleh Warga Pakistan

10 August 2020 By
Virus Komputer Pertama yang Disebar ke Dunia Ternyata Dibuat oleh Warga Pakistan
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Dua warga Pakistan tercatat dalam sejarah sebagai penemu virus komputer pertama di dunia. Namun kala itu, virus tersebut tak jahat, justru untuk mencari software bajakan.

Virus komputer pertama di dunia dinamakan Brain. Program itu dibuat pada 1986 oleh Basit dan Amjad Farooq Alvi. Brain merupakan virus boot sector yang dibuat untuk mendeteksi pembajakan software medis buatan mereka.

Baca juga: Asal Mula Nama Bluetooth

Kala itu, virus tersebut dibuat menargetkan PC buatan IBM. Virus itu akan menggantikan sebuah boot sector floppy disk dengan sebuah salinan virus. Kemudian boot sector yang asli akan dirusak. Nantinya, boot sector yang terinfeksi akan memberikan notifikasi,

"Welcome to the Dungeon (c) 1986 Basie & Amends (pvt) Ltd VIRUS_SHOE RECORD V9.0 Dedicated to the dynamic memories of millions of viruses who are no longer with us today - Thanks GOODNESS!! BEWARE OF THE er..VIRUS : this program is catching program follows after these messages....$#@%$@!!"

Karena tujuannya tidak untuk membahayakan komputer PC, virus itu juga menyertakan informasi yang bisa dikontak oleh pengguna. Pengguna PC yang terinfeksi bisa mengontak Farooq Alvi bersaudara untuk menghapus virus Brain dari komputer mereka.

Banyak juga yang menyebut jika Brain merupakan virus komputer pertama untuk menginfeksi MS-DOS.

Saat ini diketahui, Farooq Alvi bersaudara memiliki perusahaan jasa penyedia layanan internet (ISP) bernama Brain Telecommunication di Pakistan.

Sebelumnya, banyak yang menyebut jika virus komputer pertama adalah Creeper. Memang benar. Namun Creeper hanya dibuat untuk eksperimen sehingga penyebaran virusnya hanya untuk lingkup ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) yang didirikan oleh ARPA dari Departemen Pertahanan AS. Sedangkan virus Brain telah terbukti digunakan untuk menginfeksi komputer milik pengguna di dunia.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article