icon-category Lifestyle

Vodka Bunga Tulip, Minuman Hit di Restoran Elite Eropa

  • 25 Oct 2018 WIB
  • Bagikan :

    Bunga tulip bukan termasuk tanaman yang lazim dijadikan bahan baku sebuah minuman, khususnya alkohol. Tapi di Belanda, seorang lelaki mampu menciptakan vodka berkualitas tinggi yang hanya dibuat dari dua bahan utama, yaitu umbi bunga tulip dan air.

    Diberi nama Dutch Tulip Vodka, minuman tersebut diciptakan seorang lelaki berusia 34 tahun bernama Joris Putman. Ia adalah seorang pembuat film dan juga pengusaha asal Belanda.

    Empat tahun lalu, Joris memutuskan bahwa dirinya ingin menciptakan sesuatu, dan meskipun tidak tahu pasti, dia ingin membuat sesuatu yang menyertakan simbol nasional negaranya, bunga tulip.

    Dan hari ini, setelah bertahun-tahun bekerja keras, bereksperimen, serta berkali-kali harus meyakinkan orang lain bahwa vodka dari tulip betulan ada, Dutch Tulip Vodka menjadi hit dan masuk dalam menu restoran bintang Michelin di seluruh Eropa.

    "Teman-teman saya awalnya menyarankan untuk melakukan moonshining dari biji-bijian, tetapi saya tidak menemukan hal yang menarik sama sekali. Saya segera membayangkan tulip, minuman keras, dan vodka," kata Joris kepada VICE Munchies.

    Namun, ternyata membuat vodka dari umbi tulip dan air bukanlah hal yang mudah. Joris Putman mengklaim bahwa ia menghabiskan waktu dua tahun untuk menyempurnakan proses sambil tetap menjaga rahasia tersebut dari teman-teman dan keluarganya.

    Meski proses pembuatan vodka tulip sangat rahasia, tapi Joris mengatakan bahwa minuman tersebut dibuat melalui proses penyulingan sebanyak tiga kali.

    Satu batch vodka tulip buatan Joris memakan waktu hingga tiga bulan proses pembuatan dan tersedia dalam dua jenis Dutch Tulip Vodka.

    Ada yang murni yang terbuat dari 350 umbi tulip serta air, serta jenis premium yang dihargai jauh lebih murah dan terbuat dari sekitar 40 umbi tulip.

     

    Berita Terkait:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini