home ×
Auto

Volkswagen Hadirkan Varian Polo dengan Mesin Baru di IIMS 2018

22 April 2018 By
Volkswagen Hadirkan Varian Polo dengan Mesin Baru di IIMS 2018
Share
Share
Share
Share

Beragam produk otomotif terbaru dan terbaik dapat disaksikan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Banyak pabrikan dan agen pemegang merek (APM) menjadikan ajang tahunan ini sebagai tempat unjuk gigi untuk produknya.  

Tidak ketinggalan Volkswagen (VW). Melalui PT Garuda Mataram Motor sebagai agen pemegang merek VW di Indonesia, mereka meluncurkan Polo VRS sebagai varian terbaru dengan sentuhan 'sporty look' khusus untuk pasar Indonesia.

Bentuknya masih sama dengan VW Polo MK5 standar, hanya saja varian VRS mendapat ubahan kosmetika dan tambahan pada bagian mesin. Pada bagian depan dan belakang eksteriornya, Polo VRS terpasang bemper dengan kelir hitam. Sementara bagian samping juga dibubuhi side skirt yang juga berwarna hitam untuk mendongkrak kesan sporty.

Model yang dibangun dari rumah modifikasi milik VW di daerah Pekayon, Bekasi ini memiliki ukuran ban yang lebih besar. VW Polo standar menggunakan ban berukuran 15 inci, sementara untuk varian VRS diberikan ban berukuran 16 inci dengan desain velg baru yang dilebur dengan warna hitam.

Bicara interior, tidak ada ubahan yang signifikan. Dashboard-nya kini dilengkapi audio touchscreen yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk beragam pilihan multimedia. Ditambahkan juga pada bangku depan disematkan armrest alias sandaran tangan agar pengendaraan semakin nyaman. 

Jantung mekanis juga tidak luput dari ubahan. Mesin dengan kapasitas 1.200 cc 4-silindernya mendapat suntikan performance package yang menjanjikan tenaga 141 daya kuda (dk) atau naik 45 dk dari mesin VW Polo standard. Torsi pun juga meningkat 55 Nm menjadi 230 Nm. 

Sama seperti varian standard, VW Polo VRS juga dilengkapi fitur untuk menunjang aspek keselamatan seperti Anti-lock braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Anti-Slip Regulation (ASR) alias kontrol traksi, Engine Drag Torque Control (EDTC), Electronic Differential Lock (EDL), dan empat buah airbag

Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana menjelaskan, dengan hadirnya varian baru VW Polo berperforma tinggi ini diharapkan penjualan VW Polo makin meningkat. 

"Tahun lalu kami mencatat volume penjualan 600 unit, dengan adanya Polo VRS ini kami harapkan bisa meningkatkan 20 persen penjualan model Polo khususnya, di angka 200 sampai 300 unit per tahun," ujar Jonas saat ditemui beberapa waktu lalu.

Bicara soal harga, VW Polo dengan semua ubahan tadi dapat ditebus dengan banderol Rp 308 juta. Pihak VW juga menjanjikan distribusi unitnya akan dilakukan paling lama dua minggu setelah IIMS 2018 usai. Sedangkan bagi konsumen yang ingin memboyong VW Polo standar dapat menyiapkan dana Rp 278 juta (on the road Jakarta) untuk bisa memiliki mobil ini.

Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi calon konsumen yang hendak membeli VW Polo. Meski begitu bagi pemilik VW Polo lama, nampaknya polesan performance package hanya bisa menjadi angan-angan. Sebab Jonas menjelaskan belum dapat memenuhi permintaan tersebut karena dikhawatirkan ada masalah pada mesinnya. 

"Bukannya bisa atau enggak bisa, kan sudah dipakai mesinnya, kalau dioprek lagi takut performanya berbeda," jawabnya kepada kumparanOTO sekaligus menutup perbincangan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article