Home
/
Digilife

Waduh, 42 Persen Cyberbullying Terjadi di Instagram

<i>Waduh</i>, 42 Persen <i>Cyberbullying</i> Terjadi di Instagram
Birgitta Ajeng17 October 2019
Bagikan :

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Berselancar di media sosial memang seru. Di Instagram, YouTube, Twitter, atau lainnya, kamu bisa melihat konten-konten yang menginspirasi. Namun di balik itu, ada sisi gelap dari media sosial yang bisa memengaruhi kesehatan mental penggunanya: cyberbullying.  

Ya, kamu tentu masih ingat berita duka yang muncul dari dunia hiburan Korea Selatan. Mantan member girl band f(x) Sulli meninggal dunia lantaran bunuh diri.

Banyak warganet mengutarakan belasungkawa atas kepergian Sulli sekaligus menyerukan setop cyberbullying. Memang, banyak warganet yang mengaitkan kematian Sulli dengan depresi akibat cyberbullying.

Baca juga: Catat Nih, 5 Tips Bangun Startup di Indonesia

Terlepas dari itu semua, cyberbullying alias intimidasi atau penindasan di dunia maya adalah masalah nyata dalam masyarakat sekarang.

Berdasarkan data The Annual Bullying Survey 2017 oleh Ditch the Label, salah satu organisasi anti-bullying di dunia, Instagram menjadi sosial media dengan cyberbullying terbanyak.

Survei ini dilakukan terhadap anak muda di sekolah menengah dan perguruan tinggi di Inggris. Mereka bertanya kepada para responden soal pengalaman cyberbullying di media sosial selama 12 bulan terakhir.

Baca juga: Udah Kebanyakan, E-Commerce di Indonesia Dinilai Hadapi Titik Jenuh

Hasilnya, 42% responden mengaku mengalami cyberbullying di Instagram, dan 37% responden mengalami cyberbullying di Facebook.

Di samping itu, ada 31% dan 12% responden mendapatkan cyberbullying di Snapchat dan WhatsApp. Lalu gimana dengan cyberbullying di YouTube dan Twitter?

The Annual Bullying Survey 2017 menyebutkan bahwa ada 10% responden yang mengalami cyberbullying di YouTube, dan 9% responden yang mengalami cyberbullying di Twitter.

Baca juga: Transaksi Digital Diklaim Lebih Aman Ketimbang Uang Tunai

Dalam data tersebut tampak pula persentase pemakaian masing-masing media sosial. YouTube memiliki jumlah pengguna terbanyak, yaitu 92% responden menggunakannya.

Lalu, 78% responden menggunakan Instagram. Kemudian, Snapchat menyusul di peringkat ketiga dengan persentase pengguna 76%.

Ditch the Label sebenarnya telah mengeluarkan The Annual Bullying Survey 2018. Tapi gak ada data terbaru terkait persentase cyberbullying di setiap media sosial seperti tahun sebelumnya.

populerRelated Article