icon-category Digilife

Waduh, 70an Juta Orang Indonesia Masih Belum Tersentuh Internet

  • 22 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: ROBIN WORRALL/Unsplash

    Uzone.id - Jaman sekarang siapa sih yang gak butuh internet untuk aktivitas sehari-hari? Sekolah online butuh internet, pekerjaan juga butuh internet, transaksi keuangan juga butuh internet.

    Pengguna internet di Indonesia ternyata masih belum mencapai 100 persen, meski begitu Indonesia terus mengalami peningkatan soal pengguna internet. Hal ini terlihat dari laporan terbaru dari Data Reportal edisi Januari 2022.

    Populasi Indonesia saat ini mencapai sekitar 277 juta jiwa, dan pengguna internet Indonesia hingga awal 2022 ini mencapai 204,7 juta pengguna.

    Menurut laporan Data Reportal, tingkat penetrasi internet Indonesia mencapai 73,7 persen dari total populasi pada awal 2022. Analis Kepois juga menyebutkan bahwa pengguna Indonesia meningkat sebesar 2,1 juta di tahun 2021 dan 2022.

    Baca juga: TikTok Kalahkan YouTube dalam Kategori Waktu Rata-rata Menonton

    Itu artinya, warga Indonesia makin banyak menggunakan Internet dari tahun ke tahun, apalagi jika melihat perbandingan pengguna internet dari tahun ke tahun, Indonesia terus mengalami peningkatan.

    Namun, angka pengguna internet yang sebenarnya kemungkinan lebih tinggi dari yang dipublikasikan saat ini, kata DataReportal. Pasalnya, pandemi Covid-19 di Indonesia masih menjadi hambatan untuk meneliti lebih lanjut mengenai hal ini.

    Sayangnya, hingga saat ini masih ada 26 persen penduduk Indonesia yang tetap offline alias tidak menyentuh internet per awal tahun 2022 ini.

    Jika dihitung dari persentase tersebut, terhitung sekitar 73 juta orang di Indonesia masih belum menggunakan internet. 

    Dan menurut survei APJII di tahun 2020 lalu, ada sekitar 10 persen persen penduduk bahkan masih tidak tahu sama sekali cara menggunakan Internet. 

    Baca juga: Kecepatan Internet di Indonesia Paling Lelet Kedua di ASEAN

    Pemerintah Indonesia sendiri terus melakukan berbagai upaya untuk pemerataan internet ke seluruh wilayah, termasuk sosialisasi dan peningkatan kualitas infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

    Sementara itu, pengguna internet di Indonesia banyak menggunakan internet untuk berbagai hal. Warganet Indonesia kurang lebih menghabiskan waktu sekitar 8 jam 36 menit sehari untuk berselancar di Internet, berkurang 16 menit dari tahun lalu.

    Data Reportal menyebutkan beberapa alasan utamanya, yang paling banyak dipilih adalah menemukan berbagai informasi sebagai alasan warganet Indonesia menggunakan internet.

    Lalu, internet juga digunakan untuk menemukan ide dan inspirasi, berhubungan dengan kerabat, mengisi waktu luang, mengikuti berita terbaru, menonton video atau film, mendengarkan musik, mencari tutorial, mencari brand-brand produk, bertemu orang baru dan lainnya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini