Gadget

Waduh, AirTag Bisa Jadi Alat Hacker Curi Akun Apple?

  • 30 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: Daniel Romero/Unsplash

    Uzone.id — AirTag dari Apple mungkin memang berguna bagi orang pelupa. Namun, perangkat mungil ini dianggap jadi alat yang mempermudah untuk meretas pengguna.

    Seorang konsultan keamanan siber di Boston, Amerika Serikat, Bobby Rauch membagikan temuannya kalau Ape justru membuat praktik phishing dari para peretas menjadi lebih mudah dilakukan karena adanya AirTag.

    Rauch mengatakan pada Selasa (28/9) kalau pesan online berisi kode virus jahat atau malware bisa saja diselipkan ke perangkat ini ketika pengguna meninggalkan AirTag agar orang lain dapat menemukanya.

    Baca juga: Berkat AirTag, Pria Ini Dapatkan Skuternya yang Dicuri

    “Saya tidak bisa ingat contoh apalagi yang melibatkan perangkat pelacak harga terjangkau seperti ini menjadi senjata dari para hacker,” tutur Raunch, mengutip Tom’s Guide.

    Iya melanjutkan, “sejak AirTag dirilis, banyak pengguna yang tidak sadar bahwa mengakses laman Found di situs Apple tidak membutuhkan otentikasi sama sekali. Tautan laman Found Apple juga bisa digunakan sebagai link phishing dan dibagikan via desktop atau laptop tanpa perlu perangkat mobile

    Lantas, harus bagaimana jika memiliki perangkat AirTag?

    Paling tidak, pengguna dapat melindungi keamanan sendiri dengan tidak melakukan log-in ke iCloud atau akun Apple untuk melaporkan AirTag hilang yang telah ditemukan.

    Baca juga: Review AirTag: Alat yang Gak Penting-penting Amat

    Selain itu, pengguna diingatkan untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor (two-factor authentication) jika memang ingin masuk ke akun Apple demi mempersulit para hacker, bahkan jika mereka telah mengetahui username dan password Apple pengguna.

    Jika kalian merasa kalau Apple ID atau akun Apple kalian telah menjadi phishing atau bahkan dicuri dan diretas, segera mengganti password Apple saat itu juga.

    VIDEO: Review Singkat Realme GT Master Edition