icon-category Digilife

Waduh! Kripto Squid Game Ternyata Penipuan, Investor Rugi Jutaan Dolar

  • 02 Nov 2021 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Dok. Neflix Korea

    Uzone.id - Beberapa waktu lalu, uang kripto yang terinspirasi dari serial terkenal Netflix Squid Game ‘SQUID’ telah resmi dijual dan mendapat perhatian yang cukup tinggi dari para penggemarnya. Bahkan dalam waktu satu minggu saja, SQUID sudah memiliki keuntungan sekitar 86.000 persen, dikutip dari Fortune.

    Sayangnya, kripto ini terindikasi sebagai penipuan dan bahkan telah merugikan para investor. Pasalnya, pada dini hari waktu setempat, saat nilai kripto mencapai lebih dari USD2800, kreator anonim dari kripto ini memutuskan untuk mencairkannya ke dalam bentuk uang, dikutip dari Mashable, Selasa, (02/10/2021).

    Baca juga: Kripto Squid Game Resmi Dijual! Simak 4 Faktanya

    Mereka menjual kepemilikan mereka lalu menutup secara cepat situs web project crypto SQUID ini. Dengan ini, mereka berhasil mengantongi jutaan dolar dan pada saat yang sama nilai SQUID langsung menurun drastis, nyaris tak berharga.

    Mengutip dari Gizmodo, para pelaku diperkirakan membawa kabur sekitar USD2,1 juta atau sekitar Rp29,9 miliar.

    Seiring popularitas Squid Game yang masih berlangsung hingga saat ini, harga SQUID meroket tajam dari sekitar satu sen menjadi USD40 selama akhir pekan.

    Setelah dibawa kabur sang kreator anonim, nilai kripto ini terjun bebas ke USD0,005. Bahkan, pembeli pre-order dengan harga termurah pun kena rugi penipuan ini.

    Rug Pull, penipuan di dunia kripto yang sudah tak asing

    Penipuan Rug Pull sudah tak asing lagi di dunia mata uang kripto. Hal ini lah yang terjadi pada kripto SQUID saat ini.

    Penipuan Rug Pull terjadi ketika para pengembang di belakang koin baru memompa harganya secepat mungkin agar mereka bisa mencairkannya secara cash dalam waktu singkat. 

    Akibatnya, nilai kripto terjun bebas dan investasi dari pihak lain menjadi tak berharga dan merugi. Intinya, para pengembang kini membawa kabur uang para investor.

    Kripto SQUID mencurigakan

    Bahaya penipuan kripto sebenarnya telah ramai dipromosikan para influencer media sosial, sayangnya, SQUID telah menarik perhatian banyak pihak bahkan telah diberitakan sana sini.

    Bagi mereka yang sudah paham mengenai kejahatan Rug Pull, SQUID jelas-jelas adalah penipuan, kata Mashable.

    Domain yang didaftarkan pun sepenuhnya tidak sah dan tak memiliki koneksi resmi dengan Netflix. Bahkan akunnya pun membatasi percakapan para followers-nya.

    CoinMarketCap selaku pelacak harga kripto memperingatkan para pengguna bahwa para investor kesulitan mencairkan kripto SQUID dengan uang sungguhan.

    Ketika investor melakukan ini, harga tukar tambah untuk menukar kripto Squid game ‘SQUID’ dengan Marbles secara cepat anjlok sehingga investor mengalami kerugian.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini