icon-category Digilife

Waduh, Promo Gratis Ongkir di E-Commerce Terancam Dihapus?

  • 04 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: RoseBox ?? ???? @rosebox/Unsplash

    Uzone.id - Gratis ongkos kirim di e-commerce jadi salah satu keuntungan ketika berbelanja online, apalagi saat ini free ongkir ditawarkan e-commerce setiap hari, tak hanya ketika Harbolnas.

    Tapi ternyata hal ini bikin perusahaan jasa kirim khususnya Asosiasi Perusahaan jasa Pengiriman Ekspress, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) ingin menghapus fenomena free ongkir di e-commerce. Apa alasannya?

    Sekjen Asperindo, Trian Yuserma mengungkapkan kalau pihaknya ingin istilah free ongkir ini diharapkan bisa pelan-pelan dieliminasi.

    Baca juga: PayPal Ngaku Sudah Daftar PSE Lingkup Privat

    “Kami ingin bertransformasi bagaimana istilah free ongkir bebas kirim yang melekat di konsumen bisa pelan-pelan dieliminasi,” ungkapnya dalam sebuah webinar, seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa, (03/08).

    Fenomena free ongkir ini ternyata hanya ada di Indonesia, menurut Trian. Belum ada negara lain yang memberikan layanan yang sama seperti ini, kecuali di Indonesia. 

    Adanya free ongkir ini diungkapkan akan membebankan para perusahaan logistik dimana mereka membutuhkan dana yang besar untuk biaya operasional, termasuk menggaji karyawan.

    Baca juga: Kominfo Blokir 12 Ribu Konten Judi Online per Bulan

    Trian juga meminta bantuan pihak pemerintah mengenai kebijakan tarif logistik di dalam negeri agar industri ini kedepannya terus berjalan. Ia meminta agar regulasi dari bebas ongkos kirim ini menjadi sebuah atensi pemerintah.

    Waduh, gimana nih Uzoners? Setujukah free ongkir di e-commerce dihapus?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini