icon-category Health

Wahana Mandi Bola Anak Jadi Sarang Jutaan Bakteri

  • 27 Apr 2019 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

    Uzone.id - Jalan-jalan bersama anak atau keponakan ke tempat hiburan yang banyak permainan memang seru. Tapi pikir-pikir dulu deh kalau mau mengajak mereka ke wahana mandi bola.

    Mengutip Daily Mail, baru-baru ini, studi yang diterbitkan di American Journal of Infection Control menemukan ribuan bakteri pada satu bola di wahana mandi bola. Studi ini dilakukan oleh para peneliti di University of North Georgia.

    Baca juga: Kuliner Akhir Pekan: Javaroma Bottega del Caffe, Tempat Ngopi di Pinggir Danau UI

    Para peneliti memeriksa banyak wahana mandi bola dan menemukan lebih dari 31 jenis bakteri berbeda dalam enam bola. Semua bakteri itu bisa menyebabkan beragam penyakit, mulai dari infeksi kulit, infeksi kandung kemih hingga infeksi pada jantung.

    Bakteri itu tidak hanya hadir dalam jumlah kecil. Yang mengkhawatirkan, tidak ada yang tahu seberapa sering wahana itu dibersihkan. Tempat permainan itu mungkin tampak seru bagi anak-anak, tapi merupakan mimpi buruk bagi orang tua.

    Baca juga: Liburan Hemat ala Orang Zaman Now: Staycation

    Dalam angka yang lebih detail, peneliti menemukan bahwa ada 170.818 bakteri per bola. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa wahana mandi bola sering terkontaminasi dengan kotoran, muntahan, dan urine.

    Semua jenis kuman yang ditemukan di wahana mandi bola sangat kotor dan berbahaya bagi anak-anak kecil. Para peneliti menyarankan kepada pihak pengelola untuk menerapkan standar pembersihan wahananya.

    Sebagai orang dewasa, kamu juga perlu berpikir ulang bila ingin mengajak anak atau keponakan ke wahana mandi bola yang ada di mana saja. Demi kesehatan anak, alihkan saja perhatian mereka ke permainan lainnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini