icon-category Telco

Wamen BUMN Pastikan Jaringan Telkom Tetap Lancar di Libur Nataru 2024

Uzone.id - Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, memastikan jaringan telekomunikasi selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 tetap andal dan maksimal. Hal ini ia sampaikan saat meninjau kesiapan jaringan Telkom Indonesia selama libur panjang nataru 2024

“Saya tadi cek bahwa kapasitas Telkom untuk layanannya sudah ready semua, dan bisa menangani peak hour pada waktu (libur) Natal dan Tahun Baru,” katanya, saat bertemu awak media di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Jumat (29/12).

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Tiko ini mengatakan, “Agar memastikan bahwa tidak ada layanan yang terganggu termasuk wilayah yang jauh-jauh seperti Indonesia Timur, Papua, dan sebagainya dipastikan tidak ada gangguan layanan."

Disampaikan Herlan Wijanarko selaku Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia, perusahaan memang telah menyiapkan kapasitas jaringan mencapai 28 Tbps, dimana biasanya kebutuhan saat jam sibuk mencapai 19 Tbps. 

Dengan penambahan kapasitas jaringan ini, permintaan data yang besar terutama saat malam Tahun Baru 2024 dapat diatasi secara maksimal.

“Telkom ini secara kapasitas kita siapkan lebih dari cukup. Traffic-nya sudah diprediksi, jadi kita siapkan di atas peak-nya,” jelas Herlan di kesempatan yang sama.

“Kira-kira 15 persen lonjakannya, kapasitasnya sangat cukup.  Lonjakan kita prediksi malam Tahun Baru, sekarang sudah mulai naik terutama di jalur mudik, pelabuhan, bandara, dan tempat ibadah,” sambungnya.

Jamin gak ngelag saat posting Instagram

alt-img

Tiko turut menyampaikan, berkat kesiapan jaringan Telkom Indonesia yang maksimal, para pengguna tidak akan kesulitan saat berbagi momen ketika libur Nataru 2024. 

“Saat malam Tahun Baru, kalian semua akan posting Instagram, kirim video, buka TikTok. Kebayang pas ada 100 juta orang mengakses gadget-nya dan itu melakukan posting atau download konten bersamaan,” ucap Tiko.

“Ini tugasnya pak Herlan untuk memastikan di peak hour itu layanan network andal dan punya kapasitas spare saat lonjakan terjadi,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah juga mengatakan, Telkom Indonesia turut memaksimalkan jaringannya di jalur maupun tol yang baru dibuka, untuk memastikan seluruh mobilitas masyarakat tetap maksimal.

"Kita perluas coverage, ada berupa jalur baru, tol yang baru dibuka, kita sudah pastikan seluruh mobilitas masyarakat ini tetap maksimal," pungkasnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini