home ×
Auto

Waspada! 60 Persen Busi Palsu Beredar di Toko Online

06 October 2019 By
Waspada! 60 Persen Busi Palsu Beredar di Toko Online
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Busi oh busi, benda kecil tapi super penting yang dibutuhkan kendaraan bermesin bakar. Mobil dan motor pastinya gak bisa jalan kalau gak ada businya.

Berfungsi sebagai pemantik percikan api untuk proses pembakaran mesin, busi yang optimal pastinya diperlukan agar kinerja mesin maksimal.

Di pasaran, ada banyak banget ragam dan jenis busi, yang dibedakan dari spesifikasi dan juga banderolnya.

VIDEO Test Drive DFSK Super Cab:

Dan ini yang harus kalian waspadai, hati-hati ketika harus membeli busi melalui toko online, karena hasil investigasi menemukan bukti 60persen busi-busi merek ternama yang dijual di toko online ternyata dipalsukan.

Temuan tersebut diungkap berkat investigasi Komite Federal Industri Otomotif Australia (FCAI) bersama Koalisi Produsen Otomotif Australia, seperti dilansir Carscoop.

Bahkan busi yang diproduksi merek Industri otomotif sebagai busi bawaan pabrik (OEM) pun, juga terkena imbas pemalsuan.

Busi produksi pabrikan mobil ternama seperti Honda, Nissan, Mazda, Toyota, Denso, NGK, banyak beredar yang palsunya.

Parahnya lagi, secara kasat mata, tampilan, bentuk sampai kemasannya sangat sulit dibedakan antara yang asli dan palsu, itu kenapa banyak konsumen yang ketipu.

“Mereka hampir tidak bisa dibedakan dari busi yang asli. Banyak yang tampilannya sangat baik dan bahkan ditandai dan dikemas dengan merek Honda, Nissan, Mazda, dan Toyota,” tutur Kepala Eksekutif FCAI Tony Weber.

Jangankan orang awam, bahkan tenaga ahli yang terlibat dalam investigasi tersebut juga hampir gak bisa membedakan mana yang asli dan palsu.

Busi tersebut diketahui kepalsuannya setelah dibongkar dengan cara dibelah jadi dua bagian.

Dengan cara itulah struktur dan kontruksi, serta material bahannya jauh lebih rendah da buruk.

Efeknya ketika digunakan di kendaraan, pembakaran mesin jadi bermasalah dan bisa merusak mesin karena harus bekerja ekstra keras akibat pengapian yang jauh dari sempurna.

Jadi, ada baiknya mending beli busi di toko-toko offline langganan kalian atau ke bengkel resmi sekaligus, jadi kalau ada masalah, bisa komplain.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article