icon-category Auto

Waspada, Motor Nekat Terjang Banjir Bisa Merusak Aki

  • 05 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Menerjang banjir dengan genangan yang terlalu tinggi tentunya berbahaya, baik bagi pengendara ataupun kesehatan motor yang digunakan itu sendiri. Pasalnya motor yang menerjang banjir bukan hanya dapat merusak mesin, tapi juga bisa menyambar ke komponen lainnya seperti kelistrikan atau aki.

Seperti diketahui, air merupakan musuh terbesar dari komponen kelistrikan termasuk aki. Sehingga ketika menerjang banjir tentunya harus diperhatikan dimana posisi aki pada motor agar tidak terendam air.

Rudy Setiawan selaku Mekanik dari bengkel Adi Motor menyebutkan aki merupakan komponen yang mudah rusak jika terkena air. Terlebih pada motor matic keluaran terbaru yang menempatkan aki di posisi yang cukup rendah pada motor.

"Selain mesin dan ECU yang mudah rusak pada motor ketika melintasi banjir itu aki. Kan matic sekarang banyak yang akinya di bawah tuh, itu kalau melintasi banjir bisa cepat rusak," ujar Rudy beberapa waktu lalu.

alt-img

Bukan rahasia lagi kalau air memiliki sifat sebagai isolator yang dapat menghantarkan listrik di sekitar area kendaraan. Bila aki terendam air, maka aliran listrik positif dan negatif yang harusnya terpisah jadi terhubung.

Jika hal ini terjadi, konsleting hingga kerusakan pada sistem kelistrikan tidak dapat dihindari lagi.

"Dicek dahulu, kalau memang tidak terendam kan bisa dipakai lagi. Kalau sudah terendam ya mau tidak mau harus ganti. Kan kalau aki kering kalau sudah enggak ada listriknya, enggak bisa dipakai lagi," jelas Rudy.

Nah bagi pemilik motor matic, terlebih yang posisi akinya sangat rendah diharapkan tidak memaksa untuk melintasi banjir.

Biasanya motor matic yang akinya cukup rendah merupakan keluaran Honda seperti BeAT dan Vario.

Sebagai tambahan informasi, aki sendiri memiliki peran yang cukup penting pada motor. Terutama pada motor dengan pengapian jenis DC yang membutuhkan aki untuk ECU dan memercik api pada busi.

Selain untuk pengapian, aki juga kerap diandalkan untuk elektrik starter, klakson, hingga lampu-lampu. Sehingga perannya cukup penting untuk membantu penggunaan sepeda motor.

Selain aki, pengendara sepeda motor juga perlu memperhatikan beberapa titik lainnya saat melintasi banjir. Karena selain aki, lubang knalpot, filter udara, dan ECU juga perlu terhindar dari air banjir agar tidak terjadi kerusakan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini