icon-category Digilife

Waspada Pencurian Data dari Selfie #WorkFromHome

  • 10 Mar 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Pandemi telah menjadi sumber banyak meme dan tren internet baru, tidak terkecuali tren selfie kerja jarak jauh yang biasa disertai dengan tagar #WorkFromHome. Banyak pengguna yang mengambil foto suasananya bekerja di rumah atau saat sesi konferensi video.

    Menurut sebuah posting blog dari firma keamanan internet Sophos, penjahat dunia maya atau siber memanfaatkan tren selfie ini untuk mencuri berbagai data pribadi yang dapat digunakan untuk penipuan finansial atau pencurian identitas.

    Tanpa diketahui banyak orang, ada berbagai cara berbeda yang dapat digunakan untuk memaparkan informasi pribadi dari selfie #WorkFromHome. Misalnya, label paket di latar belakang foto dapat membocorkan alamat rumah orang tersebut, sementara poster di dinding dapat mengungkapkan informasi tentang hobi individu yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan keamanan.

    BACA JUGA: DPR Tidak Masukkan Revisi UU ITE dalam Prolegnas Prioritas 2021

    Pesta ulang tahun virtual yang diadakan di Zoom atau Teams biasanya juga didokumentasikan dan dipublikasikan. Pesta ulang tahun virtual tersebut dapat mengumpulkan nama teman dan anggota keluarga pengguna dan juga mempersempit tebakan mengenai tanggal lahir pengguna.

    Penipuan merupakan bentuk kejahatan yang paling diminati karena mereka mudah untuk dilakukan apabila dieksekusi dengan baik dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Salah satu cara meningkatkan tingkat keberhasilan ini adalah dengan serangan spearfishing.

    Penipu tidak lagi mengirim pesan “Dear Pelanggan” melainkan “Dear (nama anda)”. Bahkan penipuan bisa menyertakan kata sandi lama anda dalam pesan tersebut.

    Baca juga: Tencent Rilis Ponsel Game Tercepat, Harga Terjangkau

    Menurut Dr. Jason Nurse, Associate Professor of Cybersecurity di University of Kent, yang menulis posting blog tersebut, “Variasi informasi yang mungkin terungkap dalam konteks seperti itu tidak terbatas”, yang dikutip Uzone.id, Rabu, 10 Maret 2021.

    Berikut tips yang kami rangkum agar pengguna tetap aman dari pencurian data pribadi.
    1. Selalu perhatikan objek apa saja yang ada di belakang anda ketika anda sedang foto atau konferensi video. Kontrol informasi apa saja yang anda ekspos.
    2. Untuk konferensi video, usahakan untuk gunakan latar belakang virtual. Software seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams memudahkan fitur ini.
    3. Blur latar belakang anda ketika berfoto apabila perlu.
    4. Pertimbangkan dua kali sebelum anda membagikan foto #WorkFromHome anda di media sosial. Ada baiknya apabila anda juga mengajak teman dan keluarga untuk menjaga privasi.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini