Waspada Penipuan Minta Kode Verifikasi Nomor Telkomsel
(MyTelkomsel/Birgitta Ajeng)
Uzone.id - Kasus penipuan melalui telepon seluler dan SMS semakin marak, terutama yang mengatasnamakan Telkomsel. Berbagai macam modus penipuan yang sering muncul seperti meminta informasi kode verifikasi atau One-Time Password (OTP) di aplikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS.Apa itu kode verifikasi? Kode verifikasi MyTelkomsel adalah kode yang diperlukan untuk login ke MyTelkomsel. Kode verifikasi terdiri dari empat digit angka dan bersifat rahasia.
Biasanya penipu akan menelepon dan memberitahu bahwa kamu memenangkan undian dari Telkomsel. Kemudian, pelaku akan meminta kode verifikasi dari MyTelkomsel.
(Konferensi pers Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Telkomsel/Birgitta Ajeng)
GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, “Telkomsel serius menangani maraknya penipuan kepada pelanggan kami. Kami mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk selalu waspada terhadap beragam bentuk penipuan."
"Telkomsel tidak pernah meminta data diri, password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun. Data diri, password atau kode tersebut harus selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank,” ujar Denny lebih lanjut.
Apabila kamu merasa tidak melakukan aktivitas yang disebutkan dalam SMS, kamu tidak perlu menanggapi SMS tersebut dan tidak menginformasikan kode verifikasi kepada pihak tidak dikenal.
Baca: Ngobrol dengan Vero, Robot Pintar Milik Telkomsel
“Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel,” kata Denny.
Selain meminta password atau kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel, penipu juga mungkin saja meminta kode verifikasi atas pembelian layanan Telkomsel (misalnya pulsa atau paket internet) yang terkirim melalui SMS.
Untuk mencegah hal ini, kamu yang merasa telah login aplikasi MyTelkomsel di beberapa device/perangkat, dapat melakukan logout otomatis dengan cukup menghubungi *323*20#. Kamu akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan secara otomatis ter-logout atau keluar dari semua akses aplikasi MyTelkomsel.
(Halaman muka untuk login ke aplikasi MyTelkomsel/Birgitta Ajeng)
Denny juga menambahkan dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan di www.telkomsel.com.
Jika terjadi penipuan, kamu dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengiirmkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN.
Baca: Cara Telkomsel Perkenalkan Layanan Telco Big Data
Kamu juga bisa menghubungi melalui chatting dengan asisten virtual di LINE, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email [email protected], atau melalui facebook.com/telkomsel dan Twitter @telkomsel.
Informasi lebih lanjut mengenai penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel dapat dilihat di https://www.telkomsel.com/support/waspada-penipuan.