icon-category Digilife

WhatsApp, Instagram hingga TikTok, Mana yang Paling Menyita Waktu Netizen?

  • 23 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Unsplash

    Uzone.id - Pengguna internet di Indonesia semakin meningkat selama beberapa tahun belakangan, apalagi ketika pandemi melanda.

    Laporan terbaru Data Reportal dari We Are Social menunjukan, pengguna Indonesia meningkat sebesar 2,1 juta pengguna dari 2021 ke awal tahun 2022 ini.

    Mereka juga memaparkan kalau netizen Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sekitar 8 jam 36 menit di internet per hari di semua perangkat.

    Ada beberapa hal yang mendorong netizen bermain internet, salah satunya adalah pencarian informasi, mencari ide dan inspirasi, berkomunikasi dengan kerabat dan keluarga, mengisi waktu senggang, mengikuti berita terbaru, menonton video dan film, mendengarkan musik, dan mencari tutorial.

    Selain itu, netizen juga sering menggunakan internet untuk mencari tahu soal brand tertentu, bertemu orang baru, belajar dan edukasi, bermain game, mencari tempat untuk travel, mencari info soal kesehatan dan juga berbagi opini.

    Kira-kira apa saja yang biasanya dilakukan netizen saat berselancar di internet?

    Baca juga: Waduh, 70an Juta Orang Indonesia Masih Belum Tersentuh Internet

    Netizen Indonesia menghabiskan rata-rata sekitar 3 jam 17 menit untuk main media sosial. Selain itu, netizen menggunakan 2 jam 50 menit untuk nonton TV termasuk streaming.

    Kegiatan lainnya, netizen menghabiskan 1 jam 40 menit untuk mendengarkan musik di platform musik, 1 jam 47 menit untuk membaca berita baik itu online dan fisik, 1 jam 19 menit main game, 55 menit untuk mendengarkan podcast, dan 37 menit mendengarkan siaran radio.

    Netizen Indonesia ternyata banyak menghabiskan waktu di media sosial ketika mereka bermain internet. Setiap tahunnya, waktu bermain meningkat sekitar 1,5 persen atau sekitar 3 menit. 

    Begitupun pengguna medsos yang meningkat sekitar 12,6 persen dari tahun lalu dengan jumlah kurang lebih 21 juta pengguna menjadi 191,4 juta pengguna.

    Data Reportal membagikan beberapa media sosial yang banyak digunakan netizen Indonesia berdasarkan data perbulan, yang pertama adalah WhatsApp dengan angka 88,7 persen.

    Disusul Instagram dengan 84,8 persen, Facebook 81,3 persen, TikTok 63,1 persen, Telegram 62,8 persen, Twitter 58,3 persen, lalu disusul Facebook Messenger, Line, Pinterest, LinkedIn, Snapchat, Discord, Skype dan Likee.

    Baca juga: TikTok Kalahkan YouTube dalam Kategori Waktu Rata-rata Menonton

    WhatsApp menjadi platform yang paling banyak disukai oleh netizen Indonesia, platform perpesanan online ini banyak dipilih warganet dari umur 16 hingga 64 tahun dengan persentase 35,2 persen.

    Disusul Instagram sebanyak 22,5 persen, Facebook 13,3 persen, TikTok 9,1 persen, Twitter 6,4 persen, Telegram 2,7 persen dan lainnya.

    Netizen juga menghabiskan rata-rata sekitar 31,4 jam per bulan di aplikasi perpesanan WhatsApp, 26,4 jam per bulan di YouTube, 23,1 jam per bulan di TikTok, 16 jam per bulan di Instagram, dan 15,2 jam per bulan di Facebook.

    Dipilihnya WhatsApp sebagai aplikasi terfavorit dan yang paling banyak digunakan tak terlepas dari alasan utama warganet menggunakan media sosial.

    Jika tadi mencari informasi menjadi alasan utama warganet menggunakan internet, berkomunikasi dan terus bertukar kabar dengan kerabat dekat dan keluarga menjadi alasan utama warganet menggunakan media sosial.

    Hal tersebut dibagikan Data Reportal dengan persentase sekitar 58 persen, alasan kedua adalah mengisi waktu gabut sebanyak 57,5 persen, mengikuti kabar dan gosip terbaru 50,1 persen, mencari kegiatan untuk dilakukan atau dibeli 50 persen, mencari konten 48.8 persen, membaca cerita 44,9 persen.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini