Digilife

WhatsApp Luncurkan 2 Fitur Keamanan Baru, Apa Saja?

  • 26 November 2021
  • Bagikan :
    WhatsApp Luncurkan 2 Fitur Keamanan Baru, Apa Saja? Ilustrasi foto oleh HeikoAL (Pixabay)

    Uzone.id - Akhir-akhir ini, aplikasi perpesanan WhatsApp terus memberikan pembaruan untuk meningkatkan pengalaman para pengguna. Kini, WhatsApp kembali menghadirkan dua fitur keamanan baru.

    Dua fitur keamanan ini dinamakan Flash Call dan Message-level Reporting. Seperti apa fungsi dua fitur baru ini? 

    Flash Call

    Fitur keamanan baru ini memungkinkan pengguna untuk memverifikasi nomor WhatsApp mereka melalui panggilan. Sebelumnya, verifikasi tersebut hadir dalam bentuk pesan singkat atas SMS.

    Menurut pihak WhatsApp, opsi ini diklaim lebih aman, mengingat semua nya dilakukan di dalam aplikasi.

    Jadi, saat proses awal memasukkan nomor ponsel ke dalam aplikasi WhatsApp, nantinya pengguna bisa mendapat opsi Flash Call sebagai salah satu cara untuk verifikasi nomor ponsel mereka.

    Message-level Reporting

    Selanjutnya, ada fitur Message-level Reporting. Dengan fitur ini, pengguna bisa melaporkan akun-akun yang dianggap melanggar ke pihak WhatsApp. 

    Caranya, dengan menandai pesan tertentu dengan fitur pelaporan tingkat pesan atau Message-level Reporting.

    Untuk menandai pesan-pesan yang melanggar tersebut, pengguna cukup menekan pesan tersebut agak lama untuk melaporkan dan memblokir pengguna.

    Fitur ini bisa mempersingkat proses pengguna ketika memblokir pengguna yang dianggap mengganggu.

    Manfaat lain dari adanya fitur ini adalah untuk menangani pesan-pesan spam, pesan berisi pelecehan yang ditargetkan ke pengguna, pesan dari kontak tak dikenal, pesan yang tak diminta, begitupun pesan-pesan yang bersifat ilegal dan juga menyalahi kebijakan.

    Baca juga: 4 Fitur Baru WhatsApp yang Hadir November 2021

    Dengan ini, WhatsApp bisa meningkatkan kembali keamanan di platformnya dan membuat pengguna semakin nyaman saat berkomunikasi dengan orang yang mereka kenal.

    Dikutip dari Gizmochina, dalam laporan terbarunya, WhatsApp mengklaim telah memblokir sekitar 2,2 juta akun hanya pada bulan September saja.

    Selain dua fitur baru di atas, WhatsApp juga telah merilis fitur seperti Disappearing Message, View Once message, dan fitur baru yang sedang diuji coba seperti menyembunyikan fitur Last Seen dari orang-orang tertentu.

    Aplikasi ini juga baru saja menghadirkan fitur ‘Multiple Device’ dimana pengguna bisa menggunakan WhatsApp di perangkat lain tanpa harus terhubung ke perangkat utama, yaitu ponsel.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini