home ×
Digilife

WhatsApp Tambah Enkripsi ke Backup Data, Seberapa Aman?

14 September 2021 By
WhatsApp Tambah Enkripsi ke Backup Data, Seberapa Aman?
Share
Share
Share
Share

Foto: Unsplash

Uzone.id -- Pengguna WhatsApp di platform iOS dan Android tak lama lagi bisa semakin mengamankan backup data seperti chat ke iCloud dan Google Drive dengan enkripsi end-to-end, atau dari ujung ke ujung. Seberapa aman kira-kira?

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengkonfirmasi hal ini secara langsung dan mengklaim kalau kemampuan enkripsi dalam backup data di WhatsApp ini menjadi yang pertama.

“WhatsApp adalah layanan perpesanan global pertama yang menyajikan backup dan pesan enkripsi dari ujung ke ujung,” tulis Zuckerberg dalam postingan Facebooknya. “Untuk mencapai tahap tersebut banyak tantangan teknis sulit yang membutuhkan rangka kerja baru untuk penyimpanan kunci dan cloud di semua OS.”

Baca juga: Begini Cara Matikan Centang Biru WhatsApp

Itu tandanya, pengguna WhatsApp tak lama lagi bisa menyimpan riwayat atau history percakapan mereka ke layanan cloud tanpa khawatir berlebihan soal privasi jika sistem yang diterapkan perusahaan memang hampir tanpa celah.

Facebook selaku induk perusahaan WhatsApp kemudian mengunggah postingan yang cukup teknis mengenai backup enkripsi ini. Postingan tersebut mengungkapkan kalau pengguna WhatsApp akan diberi dua opsi untuk mengenkripsi riwayat chat mereka, yaitu kunci 64 digit secara acak, atau password yang disimpan untuk Backup Key Vault.

Mengutip Mashable, Backup Key Vault menyimpan password di Hardware Security Module (HSM). Facebook sendiri mengatakan kalau ‘brankas’ tersebut akan bertanggung jawab dalam menjalankan verifikasi password dan mengunci akses secara permanen setelah ada beberapa upaya gagal yang ingin menerobosnya.

Baca juga: Berbagi Data dengan Facebook, WhatsApp Kena Denda Rp3,8 T

“Layanan HSM yang berbasis Backup Key Vault akan didistribusikan secara geografis ke berbagai pusat data untuk menjaga keamanan tersebut tetap berjalan jika sewaktu-waktu ada pemadaman pusat data. Hal ini sangat penting bagi dua miliar pengguna kami,” ungkap pihak WhatsApp.

Facebook berjanji enkripsi backup ini akan tersedia untuk pengguna WhatsApp di perangkat iOS dan Android dalam beberapa pekan ke depan.

VIDEO: Seri iPhone 13 Bentar Lagi Rilis, Siap Jual Ginjal?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id