icon-category Gadget

Xiaomi Bawa Smartphone Android Go ke Indonesia, Redmi A1

Uzone.id - Xiaomi mau meluncurkan smartphone murah ke Indonesia. Redmi A1, begitu namanya, bakal dirilis pada 28 Oktober mendatang di Indonesia.

Seperti smartphone Xiaomi lainnya, Redmi A1 dibuat di Indonesia dan sudah mendapatkan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin). 

Adapun nilai TKDN yang diraih smartphone entry ini mencapai 40,3 persen atau tertinggi di industri saat ini. Nilai tersebut jauh melampaui batas minimal TKDN perangkat telekomunikasi berbasis 4G dan 5G sebesar 35 persen yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo No 13 Tahun 2021.

“Redmi A1 meliputi berbagai aspek seperti manufaktur (penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, penambahan proses SMT untuk perakitan PCB), pengembangan produk untuk software secara lokal, dan pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal,” jelas Xiaomi dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id pada Rabu (12/10).

Baca juga: Redmi Pad, Saat Xiaomi Bikin Tablet yang Lebih Oke dari Realme

Redmi A1 tidak dilengkapi MIUI

Jadi smartphone kelas entry yang andal untuk pemakaian harian, Xiaomi menjejalkan sistem operasi Android 12 (Go Edition) pada Redmi A1. Sistem operasi ini lebih ringan dari Android pada umumnya, dan biasanya juga minim bloatware.

Masih ada aplikasi Google yang terpasang, tapi itupun merupakan versi yang ringan juga, semisal Google Go, Google Maps Go, dan lain sebagainya. 

Untuk spesifikasinya, Redmi A1 dibekali dengan layar berjenis IPS LCD berukuran 6,52 inci dengan resolusi HD+ saja. Walau low-end, desain Redmi A1 tetap keren.

“Redmi A1 memiliki desain menarik dengan tekstur kulit yang membuat tampilan fisiknya lebih premium dan tampak elegan untuk smartphone di kelasnya,” imbuh Xiaomi.

Xiaomi merancangnya dengan desain kekinian, seperti layar memanjang dengan aspek rasio 20:9 dan dilengkapi dengan notch atau poni di bagian atasnya. Poni tersebut menjadi tempat bagi kamera selfie 5MP.

Di belakang, modul kamera yang terinspirasi dari Xiaomi Mi 11 diterapkan. Ada sepasang kamera yang ditempatkan pada bingkai berukuran besar, yakni 8MP kamera utama dan 0,08MP atau QVGA sebagai kamera sekundernya.

Baca juga: Review: Performa Poco C40, Cukup Kuat dan Baterai Tahan Seharian

Soal dapur pacu, Redmi A1 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio A22, prosesor 12nm dengan clock-speed 2 GHz. Kalau di pasar global, RAM-nya maksimal sampai 3 GB dan sudah didukung oleh RAM Expansion yang membuatnya punya RAM total 5 GB.

Memori penyimpanannya juga 32 GB yang bisa ditambah dengan slot microSD. Sementara baterai, kapasitasnya 5.000 mAh tanpa dukungan fast charging.

“Redmi A1 merupakan pilihan tepat bagi masyarakat Indonesia,” tutup Xiaomi.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini