home ×
Digilife

Xiaomi Bikin Masker Pintar, Bisa Mengukur Kualitas Udara

23 February 2020 By
Xiaomi Bikin Masker Pintar, Bisa Mengukur Kualitas Udara
Share
Share
Share
Share

Foto: Gizmochina

Uzone.id - Mewabahnya virus Corona dimanfaatkan Xiaomi untuk mematenkan rancangan masker pintar yang disebut Smart Mask. Masker ini gak sekedar bisa menangkal virus, tapi banyak hal pintar lainnya.

Pengajuan paten ini dikabulkan Kantor Paten Amerika Serikat (USPTO) pada 18 Februari lalu. Salah satu fungsinya, masker ini bisa digunakan untuk mengukur kualitas udara yang dihirup oleh penggunanya.

Ada komponen elektronik pada masker ini, mulai dari prosesor sampai baterai dan sejumlah sensor seperti accelerometer dan gyroscope, yang punya beragam fungsi.

Baca juga: Rilis Berdekatan, Realme C3 Bakal Rugikan Penjualan Realme 5i?

Dengan semua piranti elektronik tersebut, gerakan pengguna dapat dipantau dan dapat mengumpulkan data-data pengguna, seperti dilansir Gizmochina.

Data tersebut nantinya bisa diolah untuk menyimpulkan durasi penggunaan masker, jumlah polusi yang diserap di permukaan masker, intensitas pernafasan, dan banyak lagi.

Masker cerdas ini kemungkinan juga akan dibekali fitur yang mampu mendeteksi masalah kesehatan berdasarkan aktivitas bernafas penggunanya.

Baca juga: FOTO: Melihat Lebih Dekat Bodi Realme C3

Beragam data yang direkam dan dikumpulkan oleh masker ini akan disimpan pada memori internal yang tersemat di dalam masker.

Kemudian data-data tersebut juga akan dapat diakses melalui aplikasi smartphone secara wireless, baik lewat infrared, Bluetooth, maupun NFC.

Sayangnya, belum tau kapan Xiaomi akan mulai memproduksi massal dan menjualnya secara bebas di pasaran. Meski begitu, kehadiran masker ini bakal berfaedah gak sekedar untuk virus, tapi juga perlindungan ditengah polusi dunia yang terus mengkhawatirkan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id