Gadget

Xiaomi dan realme Jadi yang Pertama Pakai Snapdragon 8 Gen 1

  • 01 December 2021
  • Bagikan :
    Xiaomi dan realme Jadi yang Pertama Pakai Snapdragon 8 Gen 1 Ilustrasi foto: Mi 10T Series (dok. Xiaomi)

    Uzone.id - Smartphone Xiaomi 12 akan segera meluncur di waktu dekat, dan CEO dari perusahaan tersebut mengatakan bahwa smartphone ini akan menjadi ponsel pertama yang dikonfirmasi akan memakai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Tak hanya Xiaomi, realme juga kabarnya akan melakukan hal serupa pada GT 2 Pro.

    Chipset ini merupakan generasi terbaru dari chipset high-end Qualcomm dengan nama brand baru. Biasanya, Qualcomm menggunakan tiga digit untuk prosesornya, dan sekarang mereka melakukan rebranding dan memulainya dengan Snapdragon seri 8.

    Xiaomi

    Founder dan CEO Xiaomi, Lei Jun muncul dalam acara Qualcomm's Snapdragon Tech Summit 2021. Ia membocorkan nama smartphone terbaru mereka yaitu Xiaomi 12 dan chipset Snapdragon 8 Gen 1 sebagai chipset ponsel tersebut.

    Jun juga mengatakan bahwa smartphone ini akan ‘segera tersedia’ namun tak membocorkan kapan tepatnya ponsel ini akan dirilis.

    Baca juga: Bocoran Tablet Pertama Vivo, Dibekali Snapdragon 870

    Namun, sebuah bocoran beredar bahwa Xiaomi akan merilis smartphone baru pada tanggal 28 Desember mendatang di China. Jika dugaan tersebut tepat, bisa jadi acara ini adalah perilisan untuk Xiaomi 12.

    Ponsel ini akan menjadi smartphone unggulan pertama yang dikonfirmasi menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

    Dikutip dari Cnet, Rabu (01/12/2021), prosesor ini akan akan mampu menangkap video dalam 8K dengan HDR pada 30 frame per detik. 

    Qualcomm juga mengatakan bahwa "mega night mode" yang baru akan menangkap 30 gambar dan kemudian menggabungkan "bagian terbaik" untuk membuat "foto lebih cerah dalam kondisi gelap" sambil membuat kamera fokus pada "detail kecil tanpa buram."

    Untuk grafis dan game, perusahaan mengatakan GPU Adreno barunya akan membuat grafis 30% lebih cepat dan meningkatkan efisiensi daya sebesar 25% dibandingkan dengan Snapdragon 888.

    Selain Xiaomi 12 yang telah dikonfirmasi menggunakan chipset ini, Samsung Galaxy S22 dan OnePlus 10 Pro juga dikabarkan akan menyematkan chipset terbaru unggulan dari Qualcomm ini.

    realme

    Pada Qualcomm Snapdragon Tech Summit Digital 2021, realme mengumumkan akan menjadi salah satu produsen pertama yang meluncurkan smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1. Produk unggulan baru dari realme tersebut adalah realme GT 2 Pro yang merupakan varian Pro pertama dari seri realme GT dan flagship paling premium dari realme.

    VP realme, Chase Xu, mengatakan dalam pidatonya di Snapdragon Tech Summit Digital 2021 bahwa Qualcomm Technologies selalu menjadi salah satu kolaborator terpenting bagi realme. realme telah memulai pengembangan realme GT 2 Pro beberapa bulan yang lalu, dan akan menghadirkan produk flagship high-end yang akan melebihi ekspektasi para pengguna muda di seluruh dunia.

    Baca juga: 4 Prosesor Baru Snapdragon yang Siap Tenagai Ponsel Murah

    realme telah bekerja sama dengan Qualcomm Technologies sejak awal pendiriannya untuk menghadirkan banyak smartphone berkualitas tinggi dan powerful kepada para konsumen di seluruh dunia, dari mulai era 4G hingga era 5G. Pada tahun 2021, realme merupakan salah satu produsen pertama yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 888 dan 870 5G. realme GT Master Edition 5G dengan Snapdragon 778 5G dan realme GT dengan Snapdragon 888 5G pun telah dikenal secara luas oleh pasar di seluruh dunia.

    Dengan performa yang kuat dan kemampuan 5G powerful, Snapdragon 8 Gen 1, telah memperluas kemungkinan untuk pengembangan flagship terbaru realme yakni realme GT 2 Pro, terutama dalam hal gaming, kemampuan AI, dan 5G. Prosesor ini juga diyakini mampu mendorong pengalaman pengguna ke tingkat yang baru dengan menjadi mesin bertenaga mumpuni untuk flagship premium pertama dari realme.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini