home ×
Gadget

Xiaomi Rebut Tahta Apple di Pasar Wearable, Tapi Tidak untuk Smartwatch

06 September 2021 By
Xiaomi Rebut Tahta Apple di Pasar Wearable, Tapi Tidak untuk Smartwatch
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Xiaomi dikabarkan telah berhasil merebut tahta Apple dalam pasar wearable di dunia. Pada kuartal kedua tahun ini, Xiaomi berhasil mengapalkan wearable lebih banyak ketimbang Apple dan Huawei.

Menurut data Canalys, dilansir dari Android Central, Xiaomi telah berhasil menguasai 19,6 persen market share wearable devices. Pasalnya, total perangkat sandang yang dikapalkan Xiaomi mencapai angka 8 juta unit. Ini sama dengan kenaikan sebesar 2,6 persen.

"Langkah Xiaomi dalam mengalahkan Apple karena dia mampu mengapalkan lebih banyak perangkat ke pasar. Paling banyak wearable yang digelontorkan adalah Mi Band 6, yang digadang lebih keren dari sisi spesifikasi ketimbang pendahulunya," ujar analis dari Canalys, Chintya Chen.

Baca juga: Apple Patenkan Teknologi Pindai Pembuluh Darah untuk Buka Kunci Perangkat

Selain itu, lanjut Chen, Xiaomi mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari hasil peluncuran smartwatch untuk pemula, yang diluncurkan di beberapa negara berkembang, seperti India.

Wearable di sini memang ditujukan untuk perangkat apapun yang bisa dijadikan asesoris fashion. Tak hanya smart band, tapi juga fitness tracker, sampai smartwatch. Nah, untuk yang terakhir ini, Apple sepertinya belum sempat terkalahkan. Perusahaan Steve Jobs ini kalah di pasar wearable karena memang hanya fokus penjualan smartwatch.

Tidak heran jika di pasar smartwatch, Apple masih memimpin. Total pengapalan smartwatch Apple mencapai 7,9 juta unit. Hanya terpaut 100 ribu unit ketimbang semua jenis wearable yang digelontorkan Xiaomi.

Jika Apple hanya menguasai 19,3 persen pasar wearable, di pasar Smartwatch perusahaan Steve Jobs itu menguasai 31,1 persen. Sedangkan pasar jam tangan pintar hanya dikuasai 9 persen oleh Xiaomi.

Baca juga: Q2 2021, Pengapalan Smartwatch Naik 47 Persen

Selain Xiaomi dan Apple, pasar wearable juga dikuasai Huawei, Fitbit dan Samsung, yang masing-masing memiliki market share berturut-turut sebesar 9,2 persen, 7,3 persen dan 6,1 persen.

Sedangkan di pasar smartwatch, jika Apple dan Huawei berada di posisi pertama dan kedua, maka posisi lima besar di bawahnya dikuasai Garmin, Samsung dan Xiaomi. Jika Garmin menguasai 7,6 persen, Samsung dan Xiaomi memiliki pangsa pasar 7.0 persen dan 5,7 persen.

Total jumlah unit smartwatch yang dikapalkan sepanjang kuartal kedua tahun ini mencapai 25,4 juta unit, sedangkan total perangkat wearble mencapai 40,9 persen.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id