home ×
Telco

XL Axiata Bawa 5G ke Medan

08 September 2021 By
XL Axiata Bawa 5G ke Medan
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. XL Axiata

Uzone.id -- Perusahaan telekomunikasi XL Axiata menggelar pengenalan sekaligus sosialisasi ketersediaan jaringan 5G di Medan, Sumatra Utara pada Rabu (8/7).

Acara pengenalan 5G di Medan ini menjadi rangkaian agenda dari perluasan jaringan 5G XL di Indonesia. Pengenalan ini diramaikan oleh area demo agar dapat langsung mencoba layanan 5G dari XL.

Dari keterangan resmi yang diterima Uzone.id, XL juga menggelar uji coba komunikasi menggunakan fasilitas konferensi video di jaringan 5G dengan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini serta perwakilan Kementerian Kesehatan yang berada di Jakarta.

Baca juga: Berdayakan 5G, XL Gandeng 2 Kampus Ini untuk Perkuat IoT

Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa demo layanan 5G di Medan diselenggarakan sebagai salah satu tahapan dari persiapan perusahaan untuk menggelar 5G secara komersial dan masif nantinya.

Di lokasi demo, pelanggan yang sudah memiliki ponsel yang mendukung 5G XL bisa mencoba langsung layanan 5G XL. Sementara pelanggan lain yang belum memiliki perangkat 5G pendukung bisa merasakan jaringan penerus 4G LTE ini melalui beragam demo layanan 5G yang ditampilkan, seperti cloud gaming, 4K video streaming, kamera 360 derajat, live video streaming, dan pengalaman VR.

Selanjutnya, setelah Medan, Banjarmasin dan Makassar, XL akan terus memperluas sosialisasi ke kota-kota lain secara bertahap sehingga layanan 5G XL bisa dinikmati di lebih banyak lokasi di Indonesia.

Foto: dok. XL Axiata

Seperti yang diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan XL lolos Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia yang tertuang dalam Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO).

Baca juga: Kota Mana Saja yang Akan Kebagian 5G XL?

Selain Medan, Banjarmasin and Makassar, sejak 18 Agustus 2021, demo 5G XL juga sudah tersedia di Jakarta, Depok, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Layanan 5G XL telah tersedia pada lokasi XL Center di kota-kota ini.

Diakui XL, pihaknya akan mempercepat penyiapan ekosistem yang diperlukan, termasuk jaringan fiber dan modernisasi jaringan, berkolaborasi dengan vendor teknologi dalam penyediaan perangkat 5G agar mudah didapatkan pelanggan dan masyarakat, penyediaan dari sisi sumber daya manusia, hingga edukasi untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat teknologi 5G guna mendukung kehidupan sehari-hari.

Saat ini perusahaan telah memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu BTS 4G.

VIDEO: Main Bareng SPOT, Robot Pintarnya Hyundai

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id