home ×
Telco

XL Axiata Bersiap Gelar Uji Layak Operasi 5G

06 July 2021 By
XL Axiata Bersiap Gelar Uji Layak Operasi 5G
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Dok. XL Axiata)

Uzone.id - Telkomsel dan Indosat telah menjadi operator yang berhasil mengomersialkan 5G di Indonesia. Keduanya telah lolos proses Uji Layak Operasi (ULO) 5G. Kini, XL Axiata pun menyusul kedua operator tersebut untuk segera menggelar 5G di tanah air.

Dalam tanggapannya kepada Uzone.id, Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih menyatakan, “Saat ini XL Axiata masih dalam proses persiapan untuk ULO 5G DSS (Dynamic Spectrum Sharing).”

Baca juga: 5 Fakta Soal 5G Indosat, dari Harga Paket Hingga Cara Aktifkan Jaringan

“Layanan 5G XL Axiata rencananya akan digelar lewat implementasi Dynamic spectrum sharing menggunakan spektrum 1.800 MHz dan 2.100 MHz,” imbuhnya.

Sayang, tak banyak yang disampaikan oleh XL Axiata terkait proses persiapan ULO 5G. Saat Uzone.id bertanya mengenai kapan 5G dari XL Axiata akan komersial, Ayu hanya menjawab, “Silakan merujuk jawaban sebelumnya.”

Baca juga: Kominfo: Jangan Benturkan 4G dan 5G

Seperti yang sudah diberitakan, ULO menjadi syarat wajib bagi operator seluler sebelum menggelar 5G secara komersial di Indonesia, karena setiap terjadinya penambahan kapasitas dan perluasan lokasi atau realokasi yang mengalami perubahan teknologi perlu dilakukan ULO.

Ada beberapa hal yang dilihat dalam proses ULO, yakni kesesuaian sertifikat perangkat, uji sistem dan kesesuaianya dengan teknologi seluler lain yang dimiliki penyelenggara, dan jasa teleponi dasar dan jasa multimedia layanan akses internet pada jaringan mobile broadband yang dimiliki penyelenggara.

VIDEO: 5 Pertimbangan Sebelum Beli Galaxy Tab A7 Lite

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id