icon-category Telco

XL Axiata-First Media Geber Internet Ngebut 1 Gbps di Rumah

  • 20 Oct 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id – ​PT Link Net dan XL Axiata Tbk bersinergi meluncurkan layanan konvergensi internet melalui produk kolaborasi First Media dan XL yang digelar hari ini, Kamis (20/10) di Jakarta. Keduanya siap memanjakan konsumen dengan internet ngebut yang dapat dinikmati dari rumah, ataupun luar rumah.

Kolaborasi ini menggabungkan layanan internet berkecepatan tinggi tanpa batasan kuota, konten streaming, TV kabel serta penyimpanan online milik First Media dengan Paket Kuota Bersama XL yaitu berupa layanan data internet berkuota besar. Inovasi ini hadir guna menjawab kebutuhan pelanggan akan internet di dalam dan di luar rumah melalui layanan yang lebih hemat, praktis, dan efisien.

“Kolaborasi ini kami lakukan sebagai bentuk nyata kepedulian First Media guna melayani kebutuhan internet pelanggan, baik untuk di dalam rumah ataupun di luar rumah, melalui penyediaan konvergensi layanan pita lebar berbasis kabel (fixed line broadband) dan layanan mobile internet,” ungkap Chief Commercial Officer Link Net, Victor Indajang.

Kolaborasi ini juga sekaligus sebagai langkah untuk memanfaatkan peluang besar yang ada dari segi penggunaan internet oleh warga Indonesia.

Baca juga: Perbesar Kapasitas Jaringan, XL Axiata Rangkul Huawei

Laporan APJII mengenai “Profil Internet Indonesia 2022” menyebutkan bahwa tingkat penetrasi internet Indonesia sudah mencapai 77,02 persen. Sementara ada sebanyak 77,64 persen pengguna internet mengaku menggunakan mobile data dari operator seluler, dan 20,61 persen menggunakan WiFi yang terpasang di rumah.

Diperkuat oleh hasil survei Katadata yang dirilis pada Januari 2022, data menunjukkan bahwa belanja komunikasi memiliki persentase 74,4 persen atau paling tinggi di antara ragam kebutuhan rutin lainnya setiap bulan.

“Berbagai pilihan produk kolaborasi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan teknologi dan platform digital berbasis internet yang kian masif, seiring meningkatnya kebutuhan dan penggunaan internet baik di dalam maupun di luar rumah untuk mendukung aktivitas pelanggan setiap harinya,” tutur Director & Chief Commercial Officer XL Axiata David Arcelus Oses.

Ia melanjutkan, “kolaborasi ini juga menjadi langkah tepat untuk mendukung pemerintah mewujudkan pemerataan digitalisasi menuju era konvergensi di Indonesia.”

Produk kolaborasi First Media dan XL dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan lama ataupun pelanggan baru First Media, dan mendukung satu pembayaran, yakni melalui satu tagihan First Media. Tandanya tidak perlu lagi membayar secara terpisah.

Baca juga: Hasil Lelang Frekuensi 2,1 GHz, Telkomsel Kalahkan XL Axiata

“Kolaborasi ini memberi nilai lebih karena pelanggan juga dapat menikmati hiburan TV kabel, penyimpanan online hingga layanan OTT hanya dalam satu paket dengan harga terjangkau mulai dari Rp300 ribuan per bulan. Kami optimis produk ini mampu menjadi juaranya internet di dalam dan di luar rumah,” imbuh Deputy Chief Marketing Officer Link Net, Santiwati Basuki.

Untuk produk internet di dalam rumah, First Media menyediakan paket internet cepat tanpa batasan kuota dengan kecepatan hingga 1 Gbps, hiburan TV kabel lebih dari 200 channel, konten streaming melalui aplikasi seperti FirstMediaX, Lionsgate Play, Viu, CATCHPLAY+, dan HBO GO, serta layanan penyimpanan online First+ Cloud hingga 1 TB.

Sedangkan XL Axiata menyediakan paket data internet hingga 100 GB untuk kebutuhan di luar rumah. Dengan kuota tersebut, pelanggan bisa berbagi kuota maksimal hingga ke empat anggota keluarga atau kerabat sesama pengguna XL.

Layanan tambahan Paket Kuota Bersama hanya dapat dinikmati oleh pelanggan aktif First Media yang juga pengguna XL prabayar.

Berikut deretan pilihan paket yang dapat disediakan:

  • Kuota internet 15 GB: Rp35 ribu/bulan (2 anggota)
  • Kuota internet 25 GB: Rp45 ribu/bulan (2 anggota)
  • Kuota internet 50 GB: Rp85 ribu/bulan (3 anggota)
  • Kuota internet 100 GB: Rp145 ribu/bulan (4 anggota)

Seperti diketahui, Link Net diakuisisi XL Axiata dan induk perusahaan Axiata Group Berhad. Proses penyelesaian akuisisi atas 66,03 persen saham Link Net ini seharga RM2,63 miliar (setara Rp8,5 triliun). 

Sebelumnya, Link Net berada di bawah naungan First Media. Dengan akuisisi tersebut, maka XL Axiata mengambil alih kepemilikan saham mayoritas dari perusahaan penyediaan layanan internet rumah.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini