icon-category Telco

XL Axiata Pastikan Pengunjung MotoGP Bisa Nikmati 5G di Mandalika

  • 18 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: dok. XL Axiata

    Uzone.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siap menghadirkan layanan 5G untuk mensukseskan gelaran balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat selama 18-20 Maret 2022.

    XL telah melakukan berbagai persiapan di lapangan, dan per 18 Maret 2022 layanan data dan internet  5G sudah bisa diakses oleh pelanggan dan pengunjung Mandalika, tentunya menggunakan ponsel 5G.

    Layanan 5G dari XL ini bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

    Secara umum, upaya XL Axiata dalam menggelar jaringan 5G di Mandalika dikemas dalam dua tujuan, yaitu 5G Experience dan 5G Showcase.

    Baca juga: Tiba di Mandalika, Quartararo dan Fernandez Beli SIM Card Apa?

    Untuk 5G Experience, pita frekuensi yang digunakan adalah 3,5 MHz di sejumlah titik akses 5G telah disiapkan di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP dan beberapa lokasi grandstand kawasan yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.

    “Serangkaian uji coba 5G XL Axiata yang telah kami laksanakan dengan spektrum 3,5 GHz menunjukkan hasil memuaskan. Saat ini jaringan 5G XL Axiata telah siap sepenuhnya mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika, sekaligus mengenalkan layanan akses data dan internet super cepat ini kepada masyarakat dan tamu asing di Mandalika,” tutur Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.



    Bagi pengunjung MotoGP di Mandalika yang ingin menikmati layanan 5G, XL mengimbau agar memakai ponsel 5G yang sudah berjalan di pita frekuensi 3,5 GHz serta uSIM.

    Sementara untuk keperluan 5G Showcase, XL akan menghadirkan beberapa layanan demo atau use case menggunakan pita frekuensi 26 GHz, antara lain 5G immersive games and experience seperti MotoGP AR Game, 360 Degree Real-time Security Surveillance, dan 5G 8K Entertainment.

    Masyarakat dan pelanggan XL bisa mencoba demo-demo menarik tersebut di Booth XL Axiata 5G Showcase. Di tempat yang sama, pengunjung juga bisa dengan mudah mendapatkan layanan seperti registrasi kartu baru, daftar paket internet, dan informasi mengenai produk XL.

    Peningkatan 4G di area Lombok

    XL juga gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di area Mandalika dan di seluruh penjuru Lombok.
    Pada jaringan 4G, XL telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik di sekitar area Mandalika, di antaranya penggunaan teknologi terbaru Massive MIMO serta penambahan hingga 9 Mobile BTS (MBTS) pada titik-titik hotspot serta titik-titik akses kawasan.

    Layanan XL juga tercatat telah hadir di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G.

    Baca juga: Canggih! Casing Huawei Ini Bisa 'Sulap' Ponsel 4G Jadi 5G

    XL Axiata juga telah menyiapkan jaringan di beberapa kawasan wisata paling populer di Lombok, seperti 5 BTS 4G di Sembalun, 1 BTS di kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 7 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade,11 BTS 4G di Senggigi, dan 3 BTS 4G di Narmada.

    Sementara itu untuk menopang kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 149 BTS, sedangkan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid sudah beroperasi 3 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar 2 BTS 4G.

    Saat ini jaringan XL untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Sementara dari aspek pengguna, tercatat XL memiliki 57,9 juta pelanggan, yang diperkuat lebih dari 162 ribu BTS, termasuk lebih dari 77 ribu BTS 4G.

    XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini