Home
/
Telco

XL Axiata Prediksi Trafik Naik hingga 20 Persen Saat Nataru

XL Axiata Prediksi Trafik Naik hingga 20 Persen Saat Nataru

[email protected]16 December 2024
Bagikan :

Uzone.id - Menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat dari kapasitas normal. Perusahaan yang kini sudah merger dengan Smartfren menjadi XLSmart ini memprediksi adanya kenaikan trafik mencapai 10 hingga 20 persen dari hari normal.

Kenaikan trafik jaringan XL Axiata ini diperkirakan berasal dari tingginya akses terhadap layanan digital seperti streaming video, musik, dan aktivitas gaming. Tak lupa hasil survei dari Kementerian Perhubungan yang memaparkan bahwa pergerakan masyarakat selama momen Nataru nanti mencapai 110,67 juta orang.

“Hal tersebut akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data. Karena itulah, XL Axiata telah memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas dua kali lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan,” ujar I Gede Darmayusa selaku Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata dalam keterangannya.



XL Axiata juga mengantisipasi kenaikan trafik di layanan internet rumah dan paket konvergensi seperti XL SATU dan First Media, karena banyak orang akan menghabiskan waktu liburan di rumah. Sebagai upaya mendukung kelancaran komunikasi, perusahaan telah meningkatkan kapasitas di area-area strategis, seperti tempat wisata, jalur transportasi utama, dan pusat keramaian.

Lebih lanjut, untuk menghadapi lonjakan trafik di titik-titik tertentu, perusahaan juga menyiapkan 127 unit Mobile BTS (MBTS) yang akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang diperkirakan padat pengunjung, seperti jalur tol, pusat perbelanjaan, dan destinasi wisata. 

Kota-kota seperti Medan, Yogyakarta, Bali, dan Lombok diprediksi menjadi kawasan dengan lonjakan trafik tertinggi.



Tidak hanya itu, XL Axiata juga menyiapkan tim yang akan siaga selama 24 jam untuk memantau kondisi jaringan dan menangani kemungkinan gangguan, termasuk bencana alam yang dapat mempengaruhi operasional jaringan. 

Selain itu, perusahaan memastikan dukungan layanan pelanggan tetap tersedia 24 jam selama liburan, dengan lebih dari 500 petugas siap memberikan bantuan melalui call center dan layanan digital.

populerRelated Article