icon-category Telco

XL Axiata Siap Gelar VoLTE, Targetkan 13 Kota Sampai Akhir 2020

  • 18 Aug 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Operator telekomunikasi di Indonesia mulai berlomba menghadirkan layanan Voice Over LTE (VoLTE). Usai Telkomsel, kini XL Axiata mengatakan kesiapannya menggelar VoLTE, yang ditargetkan akan menyambangi 13 kota di Indonesia.

    Dikatakan pihak XL dalam peluncuran secara virtual, layanan tersebut sejatinya telah diujicobakan di Jakarta dan Medan. Kemungkinan sampai akhir tahun ini, VoLTE XL sudah bisa dinikmati oleh para penggunanya di kota-kota lain.

    "Dengan VoLTE layanan voice menggunakan data internet menjadi lebih baik kualitasnya, suaranya juga lebih jernih. Kami terus berupaya memperluas layanan ini secara bertahap. Optimasi jaringan juga dilakukan agar pengguna bisa menelepon sesama VoLTE maupun dari VoLTE ke Non-VoLTE. Selain itu kami siapkan juga layanan Video over LTE (ViLTE)," ujar Plt. Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Selasa, 18 Agustus 2020.

    Secara bertahap, kata dia, VoLTE akan terus diperluas. XL Axiata telah memastikan jaringan yang dimiliki telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radio, transport, dan juga core.

    Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya.

    "Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE," ujar I Gede.

    Saat ini, pelanggan XL Axiata yang memakai handset LTE sudah berada di atas 90 persen, bahkan sudah mendukung VoLTE. Kapasitas jaringan data XL Axiata juga terus ditingkatkan seiring dengan semakin meningkatnya trafik layanan data setiap tahun. Hingga semester 1 2020, trafik data telah meningkat lebih dari 40 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Kapasitas jaringan yang telah ditingkatkkan sebesar 2x lipat akan mampu melayani peningkatan trafik data sejak masyarakat menjalani aktivitas bekerja dan belajar dari rumah guna mengindari penyebaran Covid-19.

    Total BTS yang kini menopang layanan kepada seluruh pelanggan mencapai lebih dari 133.000 BTS, dan lebih dari 43.000 di antaranya merupakan BTS 4G/LTE. Jumlah BTS ini juga terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan pelaksanaan program peningkatan kualitas jaringan dan perluasan daerah layanan. Sebagian dari BTS tersebut berada di lokasi yang terpencil dan bahkan sangat terpencil di area perbatasan dengan negara lain atau di pulau-pulau wilayah terluar Republik Indonesia. Bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatikan, XL Axiata juga membangun BTS yang melayani daerah tertinggal melalui skema universal service obligation (USO). Hingga tahun ini, sudah terbangun sebanyak lebih dari 350 titik BTS USO tersebut.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini