icon-category Telco

XL Permudah UMKM Upgrade Jualan di Medsos, Begini Caranya

  • 14 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – XL Axiata tak hanya fokus di telekomunikasi saja, namun juga solusi digital yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat yang terjun di sektor UMKM. Melalui XL Axiata Business Solutions, perusahaan menjalin kemitraan dengan Avana Indonesia untuk upgrade sarana penjualan online para UMKM.

    XL Axiata Business Solutions mengenalkan “BIZ Avana”, kartu ‘sakti’ yang dapat memudahkan UMKM mengintegrasikan dan mengoptimalkan penjualan melalui media sosial dan toko online. Produk baru ini sudah bisa dibeli mulai Juli 2022.

    “Pandemi membuat kita semua, bahkan UMKM terus survive. Masuk ke era new normal, kita terbantukan dengan adanya transformasi digital. Dengan berkolaborasi dengan Avana, kami menyediakan solusi baru untuk UMKM dalam mengoptimalkan bisnis lewat otomasi online, dan memperluas market reach untuk raih keuntungan maksimal,” ungkap Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto saat jumpa pers virtual.

    Semangat ini juga diakui Feby berangkat dari data yang mengatakan ada lebih dari 60 juta UMKM di Indonesia yang membutuhkan digitalisasi agar bisa bertahan dan berkembang pasca pandemi.

    Baca juga: Q1 2022, XL Axiata Kantongi Pendapatan Rp6,75 T

    Dari penjelasannya, Kartu BIZ Avana memungkinkan adanya integrasi antara aset sosial media milik UMKM dan/atau toko online mereka dengan platform Avana yang sudah dilengkapi dengan banyak pilihan pembayaran dan pilihan kurir/logistik.

    “Pemilik bisnis dapat menikmati layanan yang lebih luas dan adaptif serta akses cepat dan mudah untuk terus tumbuh. Besar harapan kami, Avana dapat menjadi lokomotif baru di perekonomian Indonesia,” tutur Group COO & Co-Founder AVANA, Yienyee Soh di kesempatan yang sama.



    BIZ sendiri adalah layanan connectivity mobile dari XL Axiata Business Solutions yang ditujukan untuk segmen bisnis termasuk UMKM.

    BIZ memiliki varian produk yang cukup banyak yang bisa disesuaikan dengan pilihan biaya telekomunikasi dari usaha. Layanan BIZ fokus pada kuota produktivitas dan juga kemudahan komunikasi bisnis pelanggan.

    Sementara Avana adalah platform social commerce yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis dalam mengoptimalkan penjualan melalui website, Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Sejauh ini ada 100 ribu pengguna yang menggunakan layanan Avana.

    Baca juga: Instagram dan Facebook Jadi 'Jalan Ninja' UMKM Promosi Jualan

    BIZ AVANA bisa didapatkan mulai dari harga Rp125 ribu per bulan. Dengan harga tersebut, pelanggan sudah bisa mendapatkan kartu BIZ pascabayar dengan kuota 30 GB untuk mengakses Avana dan juga berbagai e-commerce.

    Terdapat juga kuota khusus untuk mengakses Facebook, Instagram, WhatsApp dan Telegram. Selain itu juga terdapat kuota utama sebesar 20 GB untuk mengakses website ataupun internet lainnya.

    Pelanggan UMKM yang sudah menggunakan BIZ Avana juga bisa mengikuti training digital marketing secara gratis untuk membantu meningkatkan penjualan mereka dan akses webinar yang diselenggarakan Avana.

    Bagi yang mengaktifkan BIZ AVANA selama periode bulan Juli, akan mendapatkan kesempatan untuk beriklan secara gratis di platform Facebook dan Instagram sebesar Rp1,5 juta secara gratis.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini