Yamaha Aerox Alpha Akhirnya Pakai "Turbo", Gimana Spesifikasinya?
Uzone.id -Â Yamaha Aerox Alpha akhirnya diluncurkan setelah banyaknya teaser yang menggoda produk baru dari merek berlogo garpu tala ini. Aerox generasi terbaru ini banyak mendapatkan perubahan, salah satunya adalah fitur "Turbo" yang lebih dahulu hadir pada Nmax.
Perubahan terasa dimulai dari segi desain, sekarang Yamaha Aerox Alpha dirancang dengan DNA motor sport R1M. DNA ini terlihat dari desain lampu depan yang semakin agresif yang kini menggunakan dual projector head lamp. Sementara di belakang menggunakan lampu rem yang berbentuk memanjang vertikal dibandingkan generasi sebelumnya yang horizontal.Soal mesinnya, Yamaha Aerox Alpha mengadopsi dapur pacu dari Nmax Turbo. Artinya mesinnya berkonfigurasi 155 cc, 1-silinder, SOHC, 4-katup, 4-tak, Blue Core dengan VVA yang mampu menghasilkan tenaga 15,1 dk di 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm di 6.500 rpm.
Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang menggunakan Yamaha Electric CVT (YECVT) untuk varian Turbo. Sementara untuk varian Yamaha Aerox Alpha standard masih mengugnakan CVT konvensional.
YECVT juga mampu membuat Yamaha Aerox Alpha Turbo memiliki dua mode berkendara yakni T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).
YECVT juga membuat Yamaha Aerox Alpha Turbo memiliki fitur Y-Shift yang mempu memberikan sensasi berkendara serasa turbo. Mengaktifkan Y-Shift bisa meningkatkan akselerasi secara instan dengan 3 tingkatan yakni Low, Medium, dan High.
Yamaha mengklaim, Y-Shift cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun berkendara sambil berbonengan. Menariknya Y-Shift juga bisa digunakan untuk deselerasi ketika menghadapi jalan menurun dan saat masuk ke tikungan.
Pembaruan pada Yamaha Aerox Alpha juga dirasakan di sektor pengereman. Sekarang Aerox sudah menggunakan disc brake untuk pengereman roda belakangnya.
Sementara dari segi kaki-kaki masih sama, menggunakan suspensi teleskopik yang dipadukan dengan roda 14 inci berbalut ban 110/80 di depan. Di belakang mengandalkan dual shock absorber dipadukan dengan ban berukuran 140/70 ring 14 inci. Sayangnya bagian pelek masih sama seperti generasi sebelumnya yang menggunakan palang berbentuk 'Y'.
Berikut spesifikasi Yamaha Aerox Alpha:
Tipe Mesin Turbo | 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT |
Tipe Mesin STD | 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC |
Jumlah/Posisi Silinder | Single Cylinder |
Volume Silinder | 155.09 cc |
Diameter x Langkah | 58 mm x 58.7 mm |
Perbandingan Kompresi | 11.6 : 1 |
Daya Maksimum | 11.3 kW / 8000 rpm |
Torsi Maksimum | 14.2 Nm / 6500 rpm |
Sistem Starter | Electric Starter |
Sistem Pelumasan | Wet Sump |
Kapasitas Oli Mesin | 1 L (Turbo), 0.9 L (STD & Cybercity) |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection |
Tipe Kopling | Single Dry Clucth |
Tipe Transmisi | Automatic |
Tipe Rangka | Underbone |
Suspensi Depan | Teleskopic |
Suspensi Belakang | Unit Swing |
Ban Depan | 110/70 - 14 |
Ban Belakang | 140/70 - 14 |
Rem Depan | Hydraulic Single Disc Brake |
Rem Belakang | Hydraulic Single Disc Brake |
P x L x T | 1.980 mm x 710 mm x 1.170 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1350 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 145 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 790 mm |
Berat Isi | 130 Kg (Turbo & Turbo Ultimate), 127 Kg (Cybercity), 125 Kg (Standard) |
Kapasitas Tangki Bensin | 5,5 L |
Sistem pengapian | TCI |
Baterai | YTZ6V/YTZ7V |
Tipe Busi | NGK/CPR8EA-9 |