icon-category Auto

Yamaha Gear ala Honda CT125 Bikin Eyegasm

  • 21 Oct 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Skuter matik Yamaha Gear punya model yang lebih berotot sehingga keberadaannya memang untuk membawa barang. Para pencinta roda dua ketika melihat tampilan Yamaha Gear ini bisa sampai eyegasm.

Yamaha Gear yang dijual dijual di Jepang itu cuma menyediakan jok untuk pengendara saja atau jok tunggal. Sedangkan jok penumpang dihilangkan dan diganti dengan rak untuk menyimpan barang.

Konsep Yamaha Gear ini mirip dengan Honda CT125 di mana jatah jok penumpang digantikan oleh rak untuk kargo. Selain itu, Yamaha Gear versi Jepang ini juga diberikan rak di depan dan tengah.

BACA JUGA: Vivo Jual Bensin RON 90 Rp12.600 per Liter, RON 89 Akan Dihapus

Berbeda dengan Yamaha Gear 125 yang dijual di Indonesia yang dibuat untuk mobilitas sehari-hari. Baik dipakai ke kantor, ke sekolah, dimanfaatkan untuk ojek online hingga city riding.

Mesin yang dibawa Yamaha Gear versi Jepang ini punya ukuran sangat kecil, cuma 49 cc silinder tunggal 4-tak berpendingin cairan, seperti dilansir Car.watch.impress.co.jp.

alt-img
Yamaha Gear (Foto: Yamaha)

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 4,3 ps pada 8.500 rpm dan torsi 4,1 Nm pada 6.500 rpm.

Untuk konsumsi bensinnya cukup irit, yani 52,2 km/liter (versi WMTC) dengan satu penumpang. Konsumsi bensinnya mirip-mirip sama Honda BeAT dan Yamaha Fazzio.

Rak belakang dibuat rendah dari jok sehingga ketika memuat dan menurunkan barang jadi mudah.

BACA JUGA: BeAT, Scoopy, Vario Jadi Biang Inden Motor Honda

Di bagian kaki-kakinya, Yamaha Gear mendapat rem tromol di bagian depan dan belakang dengan diameter 130 mm dan velg aluminium yang ringan.

Lampu depan menggunakan bohlam halogen 35/35W, kemudian di dashboard terdapat speedometer dan tachometer analog. Juga terdapat lampu sebagai indikator bahan bakar, aki, dan suhu mesin.

alt-img
Yamaha Gear (Foto: Yamaha)

Yamaha Gear versi Jepang ini akan dijual tahun 2023 dengan dua tipe: tipe News Gear dijual 260.700 yen atau setara Rp27 jutaan dan Gear Parking Stand dijual 271.700 yen atau setara Rp28,2 jutaan. Kurs (Rp103,8 per 1 yen).

Kalau saja Yamaha Gear ala Honda CT125 tersebut dijual di Indonesia, tentu saja akan masuk pada segmen motor hobi. Untuk harga pun pastinya jauh lebih mahal dibandingkan harga di Jepang.

Harga tersebut lebih mahal sekitar Rp10 juta dibandingkan Yamaha Gear 125 yang dijual di Indonesia dengan harga Rp17 jutaan (OTR Jakarta).

Yamaha Gear 125 membawa mesin 125 cc, 4-stroke, SOHC berpendingin udara. Mesin tersebut dipasangkan dengan V-Belt Automatic yang menghasilkan tenaga 9,38 hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,6 hp pada 5.500 rpm.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini