icon-category Auto

Yamaha Lexi 125, Skuter Maxi Harga Murah Tapi Gagal Jegal Vario 125

  • 22 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Honda Vario 125 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Yamaha Lexi 125 hadir di pasar Indonesia untuk menjegal kedigdayaan Honda Vario 125 dengan mengandalkan bodi bongsor dan lantai pijakan kaki yang rata.

    Meskipun Lexi 125 masuk keluarga skuter Maxi dan punya harga yang mirip dengan Vario 125, yakni dijual mulai Rp22 jutaan, namun Vario 125 memiliki kue penjualan yang jauh lebih tinggi.

    Lexi juga membawa mesin yang berbeda dengan Freego dan Fazzio, meskipun sama-sama membawa mesin 125 cc. Mesin pada Lexi lebih istimewa karena diberikan fitur Variable Valve Actuation (VVA).

    BACA JUGA: Daftar Pembalap MotoGP dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2022

    Hal itu membuat Lexi setara dengan Aerox dan NMax yang sama-sama diberikan fitur VVA.

    Lalu, apa gunanya fitur VVA pada mesin Lexi 125?

    Yamaha NMax 155 (kiri) dan Lexi 125 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id) 

    VVA disematkan pada mesin agar tarikan motor lebih bertenaga saat mencapai RPM tertentu. Sehingga, mesin dengan VVA akan menghasilkan tenaga melimpah ketika melibas jalan menanjak.

    Alasan kenapa Lexi 125 dengan mesin VVA ini tak bisa mengalahkan penjualan Vario 125, di mana keduanya masuk segmen skutik kelas menengah, menurut kami dikarenakan beberapa hal berikut ini:

    BACA JUGA: Kontroversi Jalur Sepeda di DKI, Ditabrak Fortuner hingga Jualan Tahu Bulat

    1. Masyarakat Indonesia tentunya melihat mesin 125 cc yang dibawa Lexi terlalu kecil dan tidak seimbang dengan bodinya yang bongsor.

    2. Konsumen lebih memilih skuter maxi dengan mesin yang lebih besar. Daripada beli Lexi 125 mending pilih Aerox 155 yang desainnya sporty dan disukai kalangan anak muda.

    Tak cuma itu, posisi mengendara pada Aerox juga lebih ramah perempuan dibandingkan Lexi.

    3. Honda Vario 125 punya bodi yang compact sehingga lebih enak untuk sat-set sat-set di perkotaan. Namun, bodi Lexi tentunya lebih nyaman bagi pembonceng.

    4. Sebagian konsumen yang membeli Honda Vario 125 mungkin sekedar FOMO (Fear Of Missing Out) alias ikut-ikutan saja karena begitu banyaknya motor model ini berkeliaran di jalanan raya. 

    VIDEO First Drive Tooyota Kijang Innova Zenix:

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini