Yamaha MT-15, Petarung Jalanan Terkecil Seharga RP 35 Jutaan
Foto: dok. Yamaha
Uzone.id - Zaman sekarang, beli motor gak usah modif-modif lagi. Kalaupun mau tampil beda, cukup pasang aksesoris aja, itu juga biasanya udah disediakan pabrikan.Coba aja liat MT-15 ini. Keluarga MT terkecil yang resmi diluncurkan Yamaha. Dengan kombinasi tiga pilihan warna yang ditawarkan, sekilas, gue sih udah males untuk modif di sana-sini. Standar gini aja udah keren.
Ada warna Matte Grey, Matte Blue, dan Metalic Black. Setidaknya dari tampilan, MT-15 dijamin menarik perhatian, apalagi yang warna Matte Grey.
Padanan warna putih (entah grey nya dimana) dan sebagian besar justru warnanya hitam. Asiknya, semua pilihan warna MT-15 sokbreker upside-down di depan itu sudah berlabur warna emas semua.
Nah, ditambah warna orange ngejreng di peleknya, maka motor ini pun jadi mencolok dijalanan.
Atau kalau mau lebih sangar, coba yang metallic black, dan kalau yang serba nanggung, mencolok enggak, kalem juga enggak, ya Matte Blue, apalagi dengan kuning stabilo di warna peleknya.
Tapi ya jujur, hal pertama yang menarik perhatian gue dari motor ini adalah permainan warna yang ditawarkan Yamaha. Gold di sokbreker yang mencolok, sama keberanian warna kontras di peleknya.
Apa jadi norak? Menurut gue sih enggak, malah ngebuat motor ini jadi bener-bener agresif tanpa harus kalian modifikasi sendiri.
Ditambah, tampangnya sangar! Mulai dari lampu utama di depan yang mirip wajah Predator, dengan sepasang mata LED yang sipit. LED juga udah jadi standar lampu di belakang.
Di bawah rangka deltabox-nya, ada pelindung mesin. Kemudian jok dibuat simpel dan pegangan tangan disembunyikan macam Vixion.
dan meski mesinnya cuma 150cc, tapi dengan semua otot-otot yang tertanam di bodinya, ngebuat Yamaha MT-15 jadi keliatan ‘Moge look;, iya gak sih?
Mesin sama kayak Vixion
Sekarang kita ulas mulai dari spesifikasi, fitur sampai usungan mesinnya. Apalagi, banyak yang nanya apa sih bedanya MT-15 ini sama Xabre? Kan sama-sama motor berjenis petarung jalanan.
Ternyata, dari kapasitas mesinnya aja beda, Xabre bermesin 149cc, sedangkan MT-15 kapasitasnya 155cc, keduanya dibulatkan dalam kelas 150cc. Mesinnya MT udah berteknologi VVA dan radiator.
Tenaganya pun jauh lebih unggul dari Xabre, yakni 19,4 dk dan torsi 14.7 Nm, yang dilasurin melalui transmisi manual 6 speed yang udah ditanam fitur Assist and Slipper clutch.
Jadi selain tuas kopling lebih enteng, pindah gigi lebih halus dan cepet, juga ada indikator untuk ngasitau kapan harus pindah gigi.
Spidometernya udah full digital dan tangkinya berkapasitas 10,4 liter.
Tawaran lainnya, setang lebih lebar, sokbreker up side down berlabur warna emas, swing arm aluminium, juga ban tubeless degan ukuran depan 110/70 dan belakang 140/70.
Berapa harganya? Rp. 34.950.000.
Baca juga: 5 Bocoran N-Max Facelift
Spek teknis
Tipe mesin |
Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA |
Jumlah/posisi silinder |
Silinder tunggal |
Diameter x Langkah |
58,0 x 58,7 mm |
Perbandingan kompresi |
11,6 : 1 |
Daya maksimum |
14.2 kW/ 10000 rpm |
Torsi maksimum |
14.7 Nm/ 8500 rpm |
Sistem starter |
elektrik starter |
Sistem pelumasan |
basah |
Kapasitas oli mesin |
Total = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L |
Sistem bahan bakar |
Fuel Injection |
Volume Silinder |
155 cc |
Tipe Kopling |
Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch |
Tipe Transmisi |
Manual |
Pola Pengoperasian Transmisi |
1-N-2-3-4-5-6 |
Tonton vide review Toyota Avanza terbaru disini: