Yamaha Nmax Turbo Pakai YECVT, Kapan Dipasang di Aerox?
Uzone.id - Yamaha Nmax Turbo menjadi generasi ketiga yang dilengkapi teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang canggih. Lantas kapan saudara satu dapur pacunya yakni Aerox mendapatkan teknologi yang sama?
Antonius Widiantoro selaku Asst. General Manager Marketing - Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebutkan Aerox bisa saja menggunakan YECVT jika konsumen menginginkannya."Ya, nantinya jika ada konsumen yang menginginkan, kita tentunya akan consider," jelas Anton di Bogor, Jawa Barat, Jum'at (21/6).
Anton menyebutkan, belum memfokuskan mengenai Yamaha Aerox generasi baru. Berdasarkan penturuannya, saat ini pihaknya masih fokus pada Nmax generasi ketiga yang diluncurkan belum ada satu bulan ini.
Menurut Anton, mengembangkan motor tentunya bukan perkara mudah yang hanya berdasarkan keinginan pihak Yamaha saja. Perlunya masukan dari konsumen agar moto yang diluncurkan tepat pada sasarannya.
"Kita fokus ke Nmax dahulu karena ini cukup viral, jadi saya pikir teknologi berkembang terus. Kita mau lihat repsonnya seperti apa, ternyata diterima dengan positif," jelasnya.
Seperti diketahui sebelumnya, Yamaha melakukan penyempurnaan pada CVT di Nmax Turbo, jika sebelumnya menggunakan roller pada pully primer untuk mengatur naik turunnya v-belt menggunakan gaya sentrifugal, saat ini digantikan dengan komponen electric. Komponen electric inilah yang diberikan nama YECVT.
"Naik turun komponen CVT diatur tidak lagi menggunakan roller, tapi sudah secara elektrik oleh YECVT motor sesuai dengan komando dari Transmission Control Unit (TCU) yang diatur oleh bukaan gas," ujar Ferry Nurul Fajar selaku Technical Publication & Education YIMM dalam kesempatan yang sama.
Dengan adanya YECVT ini, Yamaha Nmax Turbo memiliki dua mode berkendara yakni Town Commuter (T-Mode) dan Sport Touring (S-Mode) yang bisa diatur lewat tombol di depan setang kiri. Sementara itu, pengendara juga bisa menggunakan Y-Shift yang terdapat di belakang handle setang kiri.
Dengan mengaktifkan Y-Shift ini, YECVT akan mengatur tinggi rendah atau rasio transmisi v-belt antara pulley primer dan pulley sekunder sesuai Shift yang dipilih.
Mengenai harganya varian Neo dijual seharga Rp32,7 juta, Neo S ditawarkan sebesar Rp33,7 juta, Turbo dibanderol Rp37,75 juta, dan Turbo TechMAX dihargai Rp43,25 juta. Sementara Yamaha Nmax Turbo TechMAX Ultimate yang dilangkapi performance Damper ditawarkan seharga Rp45,25 juta on the road DKI Jakarta.