icon-category Auto

Yamaha Pakai All New R15 untuk Geser Honda CBR 150R

  • 24 Jan 2017 WIB
  • Bagikan :

    Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan sepeda motor sport All New Yamaha R15 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin, 23 Januari 2017. Perkenalan sepeda motor yang bertarung di kelas 150 cc bersama Honda CBR 150R dan Suzuki GSX-R 150 ini dilakukan rider Movistart Yamaha MotoGP, Maverick Vinales.

    Executive Vice Presiden Director YIMM Dynosisus Beti mengatakan All New R15 akan segera masuk jalur produksi massal. Rencana penjualan akan dimulai pada semester I tahun ini. Ia menyebut, produksi dan penjualan dapat dimulai dalam 1 atau 2 bulan mendatang. "Kami menargetkan penjualan All new R15 sebesar 7.500 unit per bulan," katanya.

    Baca:
    Penjualan All New Honda CBR150R Lampaui Target
    Maverick Vinales Luncurkan Yamaha R15
    Ini Alasan Yamaha Memilih All New R15 Bermesin SOHC

    Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan R15 tahun lalu sebanyak 37.165 unit. Jika dirata-rata, per bulan hanya terjual 3.000 unit. Honda CBR 150R yang menjadi rival di kelas ini memiliki penjualan yang lebih baik, total 87.554 unit tahun lalu. Artinya, CBR 150R rata-rata terjual 7.200 unit.

    Dyonisius optimistis target itu dapat dicapai mengingat All New R15 telah mengalami penyegaran total. Ia mengklaim, All New R15 kini lebih bertenaga, sporty, memiliki aerodinamis tinggi, dan nyaman dikendarai.

    Desain All New R15 mengadopsi DNA Yamaha R-Series dengan mengedepankan unsur Super Sport. Motor ini menggunakan rangka Deltabox yang terbukti kokoh dengan desain baru aluminium rear arm yang berbobot ringan. Yamaha mengklaim kombinasi ini memberikan pengendalian motor yang lebih stabil dengan distribusi beban 50 : 50.

    Simak:
    New Honda CBR 150R, Komponennya 96 Persen Lokal 
    Ini Yang Gres dari All New Yamaha R15

    Model baru ini juga diklaim memiliki aerodinamika yang lebih baik dibanding model sebelumnya. Desain bodi meruncing dan ramping semakin menguatkan image R15 sebagai mobil balap. Lampu depan dan belakang menggunakan LED dan sudah dilengkapi lampu hazard.

    Yamaha mengklaim motor baru ini lebih bertenaga dan responsif karena dibekali mesin baru berkapasitas 155 cc. Mesin ini dilengkapi teknologi terbaru Yamaha, Variable Valve Actuation (VVA), yang diklaim irit bahan bakar. Teknologi ini juga disematkan pada Yamaha Aerox 155VVA.

    Mesin All New R15 mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 14,2 kW pada 1.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm. “Ini adalah tenaga terbesar di kelas motor sport 150 cc,” demikian pernyataan Yamaha.

    All New R15 dilengkapi dengan fitur baru, Assist & Slipper Clutch, fitur yang biasanya hanya ada pada motor besar. Dan untuk pertama kalinya diaplikasikan di motor sport kelas 150 cc. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling lebih ringan. Sedangkan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

    Motor ini sudah menggunakan suspensi up-side down yang dipadukan dengan new rear arm dan ban tapak lebar (100/80-17 depan dan 140/70-17 belakang). Tapak ban lebar ini membuat handling lebih nyaman. Untuk memaksimalkan pengereman, rem depan menggunakan disc brake lebar berdiameter 282 milimeter.

    General Manager After Sales Division YIMM M. Abidin mengatakan konsumen segmen sport 150 cc pada umumnya menginginkan performa motor yang baik, tapi juga mempertimbangkan keiritan bahan bakar serta tampilan modern, agresif, dan futuristik. “Karena itulah kami menghadirkan All New R15,” ujarnya.

    WAWAN PRIYANTO

    Berita Terkait:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini