icon-category Gadget

Yang Penting-penting di Google I/O 2022, dari Pixel Watch hingga AR Glasses

  • 13 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    CEO Google, Sundar Pichai saat menyambut tamu di Google I/O

    Uzone.id – Perhelatan Google I/O yang diadakan tahunan akhirnya kembali digelar secara offline di Shoreline Amphitheatre di markas besar Google, Mountain View, California, Amerika Serikat pada 11 Mei 2022 waktu setempat. Tentu ada beberapa kejutan yang baru diperkenalkan oleh Google pada acara ini.

    Google bahkan sempat memamerkan Pixel 6a seharga USD449 atau setara Rp6,5 juta yang siap dipesan per 21 Juli 2022. Pixel 6a bakal dibekali chipset Tensor AI bikinan Google sendiri, kamera 12 MP, dan dukungan keamanan selama 5 tahun.

    Selain itu, berikut 5 hal anyar yang diperkenalkan di Google I/O.

    Pixel 7
    Google memang belum membeberkan banyak bocoran soa Pixel 7, yang jelas seri ini bakal terdiri dari Pixel 7 dan 7 Pro. Seri Pixel 7 juga akan ditenagai oleh chip Tensor dan akan hadir dalam desain baru terbuat dari aluminium yang didaur ulang.

    Pixel 7 dibekali dua kamera di bagian belakang, sedangkan Pixel 7 Pro mengusung tiga kamera.

    Sayangnya belum ada bocoran mengenai harga keduanya dan harus bersabar sampai musim gugur mendatang.

    Pixel Watch
    Nggak afdol membahas soal Pixel 7 tanpa mengaitkannya dengan Pixel Watch. Sesuai rumor yang beredar, Pixel Watch tampil dengan desain bezel ramping lengkap dengan tactile crown di sisi kanan seperti Apple Watch.

    Sementara tampilannya pun seperti smartwatch pada umumnya yang serba minimalis dan tidak terlalu menonjolkan desain “smartwatch banget” alias masih tampilan jam tangan konvensional.

    Pixel Watch berjalan di sistem operasi Wear OS 3 dan integrasi mendalam dengan software Fitbit untuk fitur kesehatan dan pantauan kebugaran. Pixel Watch sendiri akan dirilis secara komersial beberapa bulan yang akan datang di tahun ini, berbarengan dengan Pixel 7 dan 7 Pro.

    Pixel Buds Pro
    Bagi yang masih mau bersabar menunggu Pixel 7 dan 7 Pro, Google memperkenalkan Pixel Buds Pro seharga USD199 atau setara Rp2,9 juta.

    Earphones TWS Pixel ini bakal dirilis 28 Juli mendatang dengan masa pemesanan 21 Juli 2022. Ada beberapa fitur yang disematkan di Pixel Buds Pro, termasuk dukungan konektivitas multipoint, sertifikat IPX4 anti air dan active noise cancellation. Mereka juga didukung spatial audio yang bisa diintegrasikan dengan ponsel Pixel.

    Android 13
    Penerus Android 12 ini bakal membawa fitur-fitur baru yang mendukung pengguna untuk memaksimalkan personalisasi ponsel lebih dalam. Ada satu fitur baru yang bisa mengatur bahasa asing sebagai default untuk tiap aplikasi berbeda, hingga fitur mengatur warna untuk ikon-ikon di home screen.

    Google membekali Android 13 dengan aplikasi Wallet baru dengan opsi yang bisa menyimpan data identitas pribadi di ponsel. Dengan kata lain, Android 13 meningkatkan fokus keamanan digital untuk privasi pengguna, caranya dengan menghapus riwayat clipboard.

    Tak hanya itu, Android 13 juga akan memperkenalkan kemampuan multitasking baru di perangkat dengan layar lebih besar, termasuk split view dan taskbar yang diperbarui.

    AR Glasses
    Perangkat kacamata Augmented Reality (AR Glasses) juga menjadi daya pikat Google I/O tahun ini. Perusahaan menganggap AR Glasses ini dirancang untuk menjadi jembatan batasan-batasan komunikasi.

    Prototype awal AR Glasses yang dipamerkan Google bisa melakukan transkrip ucapan atau bahasa secara verbal dan menyediakan caption secara real-time untuk si pengguna.

    Google masih malu-malu membeberkan nama perangkat ini dan belum diungkapkan kapan kira-kira akan dirilis secara komersial untuk konsumen.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini