Yang Unik di Kota Jaipur, India: Gajah hingga Onta Berbaur di Jalanan

13 February 2018 by
Yang Unik di Kota Jaipur, India: Gajah hingga Onta Berbaur di Jalanan

Ada banyak keunikan yang bisa kamu temukan saat mengunjungi Jaipur, Ibu Kota Rajasthan, India. Salah satunya adalah hewan yang dijadikan moda transportasi.

Di Jaipur, tak hanya kuda atau onta yang dipekerjakan sebagai hewan angkut, melainkan juga gajah. Jika biasanya hewan raksasa ini hanya bisa ditemui di kebun binatang, lain halnya dengan di Jaipur. Kamu bisa menemukannya di jalanan.

Hewan-hewan ini rata-rata dihiasi berbagai ornamen warna-warni. Ada yang dilukis langsung di kulitnya, ada juga yang berupa hiasan serta kain di kepala dan punggung.

Tak ada jalur khusus bagi kuda, onta, maupun gajah. Mereka berbaur dengan kendaraan bermotor di jalan raya. Maka jangan heran ketika mendengar bunyi klakson berisik saat gajah menghalangi laju para pengendara kendaraan. Duh, gemas ya?

Namun, gajah tak hanya dijadikan moda transportasi. Masyarakat Jaipur selalu melibatkan gajah dalam salah satu festival tahunan mereka, Phalgun Purnima. Para gajah akan didandani lebih cantik dan meriah saat mengikuti festival yang biasanya jatuh di bulan Februari atau Maret tersebut.

Kembali ke pembahasan soal hewan di jalanan Kota Jaipur. Kamu tidak hanya menemukan kuda, onta, maupun gajah, namun juga merpati. Tentu saja merpati tidak menjadi moda angkut maupun pengantar surat seperti di film Harry Potter. Namun uniknya, ada salah satu perempatan jalan di Kota Jaipur yang selalu dipenuhi merpati.

Biasanya sekelompok merpati yang berjumlah belasan hingga puluhan berkerumun di tengah perempatan tersebut saat rambu lampu merah menyala. Mereka menikmati biji-bijian yang berserakan di perempatan itu. Jika nyala lampu berubah hijau dan kendaraan melintas, hewan-hewan cantik ini langsung terbang.

Menurut pemandu wisata setempat, Rajhi, pada Kamis (8/2), sangat jarang ada merpati yang terlindas kendaraan. Burung-burung ini sangat lincah dan sensitif terhadap gerakan lawan.

Merpati merupakan burung yang paling mudah ditemui di Jaipur. Burung ini seolah ada di mana-mana.

Tak hanya di pohon atau taman, merpati banyak yang hinggap di atap rumah, di lokasi parkir kendaraan, bahkan di balkon dan atap mal atau gedung bertingkat. Tentu kotorannya juga banyak di mana-mana. Namun untungnya merpati tak pernah membuang kotoran di atas makanan yang dijual pedagang kaki lima di pinggir jalan.

Selain merpati, hewan yang paling mudah ditemui di Jaipur adalah anjing. Rata-rata anjing di Jaipur liar dan tidak memiliki tuan. Namun, anjing-anjing ini jinak dengan manusia.

Dan satu lagi, kambing juga banyak ditemukan di pusat Kota Jaipur, tepatnya di belakang City Palace dan Hawa Mahal. Kambing-kambing milik warga ini dibiarkan bebas berkeliaran dan mencari makan sendiri.

Bagaimana? Tertarik dengan keunikan Kota Jaipur?

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
agus kurniawan 23 April 2018 | 12:40:47

dan satu lagi kambing juga banyak ditemukan di pusat kota jaipur tepatnya di belakang city palace dan hawa mahal. kambingkambing milik warga ini dibiarkan bebas berkeliaran dan mencari makan sendiri.

heri sungkono 15 February 2018 | 15:56:20

lumayan indah

nusirwan 13 February 2018 | 13:42:32

mantap

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top