icon-category Auto

Yes, Mobil Chery Comeback di Indonesia Tahun Ini

  • 26 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Chery Tiggo 8 (Foto: Chery)

    Uzone.id - Mungkin banyak yang gak bakal nolak kalau ditawari buah ceri. Rasanya yang manis dan wajah buahnya yang sedap dipandang, ceri kerap dijadikan hiasan kue black forest dan dijadikan simbol cinta.

    Nama ceri pun dijadikan nama brand produsen otomotif asal China dengan memberikan nama Chery. Bukan pilihan yang salah, nama tersebut memberi keberuntungan bagi pabrikan.

    Buktinya, mobil penumpang Chery berhasil mengekspor lebih dari 200.000 mobil per tahun, berdasarkan laporan perusahaan dan dipublikasikan oleh After Market News pada Januari 2022.

    BACA JUGA: Pesona Saab 900 Aero Turbo di Film 'Drive My Car'

    Chery Automobile Co., Ltd. telah memulai ekspor pertamanya pada Oktober 2001. Chery pun melaporkan keuntungan dalam ekspansi pasar luar negerinya.

    Itu menempati urutan pertama dalam volume ekspor kendaraan penumpang merek China selama 18 tahun berturut-turut dan merupakan merek mobil penumpang China pertama yang mengekspor lebih dari 200.000 mobil setahun, lapor perusahaan.

    Chery sudah mendirikan enam basis penelitian dan pengembangan, 10 pabrik, dan lebih dari 1.500 diler di luar negeri dan outlet layanan dengan ekspor kumulatif hampir 2 juta kendaraan di luar negeri.
    Selain itu, Chery juga melaporkan akan meningkatkan inovasi sci-tech seperti uji tabrakan, chip, baterai, dan interaksi manusia-mesin.

    Di pusat pengujian Chery Longshan, ada lebih dari 300 tabrakan kendaraan nyata dan lebih dari 500 tabrakan kendaraan simulasi setiap tahun, yang tidak hanya dapat memenuhi standar keselamatan domestik, tetapi juga standar Eropa dan AS.

    “Keselamatan adalah prioritas utama di antara indeks kunci lainnya dari sebuah mobil,” kata Yin Tongyue, chairman Chery Automobile.

    Selanjutnya, Car Sales Base melaporkan bahwa sebanyak 708.728 unit Chery telah terjual di pasar China sepanjang 2021 atau tumbuh 11,33 persen (year-on-year) dan menguasai 3,37 persen pasar China.

    BACA JUGA: Menolak Punah, Honda Revo Malah Pakai Baju Baru

    Chery Comeback di Indonesia

    Keberhasilan Chery dalam ekspor mobil penumpangnya, tentu saja ada rasa gatel kalau gak sampai masuk pasar Indonesia (lagi).

    Major Qin, Managing Director PT Chery Motor Indonesia (CMI), pun sudah nyolek para media di Indonesia bahwa tahun 2022 adalah tahunnya Chery comeback di pasar Indonesia.

    Menurut Major Qin, tiga varian Chery yang masuk adalah Tiggo 4 Pro, Chery Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro (mesin diesel 1.600 turbo).

    Untuk tahap awal pengenalan kepada media pada Januari-Februari 2022.

    Kita akan melihat produk Chery terbaru di jalanan Indonesia sudah mendekati kenyataan. Chery sudah mengundang Uzone.id untuk ikut dalam acara pengenalan produk terbarunya di Jakarta. Produk tersebut sesuai dengan yang disebutkan oleh Major Qin tadi.

    Sekedar informasi, Chery pernah menjual mobilnya di Indonesia tahun 2007-2011. Chery pertama kali masuk ke Indonesia lewat Indomobil Group di tahun 2006.

    Indomobil akhirnya melepas Chery karena dianggap tidak sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia.

    Gak mau nyerah, Chery sempat masuk ke pasar Indonesia lagi di awal 2012 lewat PT Chery Mobil Indonesia (CMI), perusahaan baru yang didukung oleh Chery Automobile Co. Ltd.

    Tags : chery mobil china wuling 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini