icon-category Ramadan

YouTube Laris Saat Sahur, Konten Apa yang Paling Banyak Ditonton?

  • 19 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – “Ramadan adalah bulan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta,” begitulah kira-kira goals banyak umat muslim di dunia saat bulan Ramadan tiba. Kegiatan sehari-hari pun ikut berubah menyesuaikan dengan suasana bulan puasa.

Di YouTube misalnya, orang-orang yang biasanya menghabiskan waktu untuk nonton vlog jalan-jalan, berubah haluan dan mulai menonton video-video yang related pada keagamaan. Momen ramadan juga mengubah waktu nonton netizen Indonesia.

Dalam sebuah grafik yang dibagikan Google, waktu nonton YouTube netizen Indonesia pada saat waktu-waktu sahur (pukul 3 hingga 4 pagi) mengalami kenaikan hingga 230 persen dibandingkan bulan-bulan biasanya.

alt-img

Sementara itu, waktu menonton di waktu siang hari dari jam 9 siang hingga 1 siang mengalami kenaikan sebesar 33 persen dibandingkan waktu sebelum ramadan.

Selanjutnya, momen menjelang buka puasa tidak banyak mengalami kenaikan karena mereka banyak menghabiskan waktu secara offline, kenaikan trafik di saat jam-jam ini hanya 4 persen saja dibandingkan bulan biasa.

Menurut laporan dari Google Indonesia yang diterima Uzone.id, Jumat, (15/03), orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk internetan dan menonton konten video yang kian banyak jumlahnya dalam berbagai format.

Salah satu platform konten video yang banyak ditonton adalah YouTube, dimana platform ini banyak digunakan untuk ‘me time’ selama Ramadan ini, apalagi untuk memperbaiki diri.

Dalam laporan terbaru YouTube, penelusuran istilah Islami atau yang terkait gaya hidup Muslim di YouTube naik sebesar 2,3 kali dari Ramadan 2022 ke 2023, sementara jumlah download video olahraga latihan beban meningkat sebesar 60 persen secara year-over-year.

Hal yang sama kemungkinan terjadi selama bulan puasa tahun ini, mengingat banyaknya konten-konten islami yang juga diunggah dalam platform tersebut.

Di YouTube, penelusuran “halal bihalal”, “buka puasa”, dan “sahur on the road” mengalami lonjakan hingga 250 persen year-over-year di tahun 2023.

Orang juga menonton konten video dalam berbagai format — panjang maupun pendek, serta sering berpindah-pindah perangkat untuk lebih menikmati konten yang menarik minat mereka. 

Kenaikan traffic harian YouTube selama periode ini serta konten-konten yang banyak ditonton ini disebut berkaitan dengan waktu utama berkumpul offline, seperti saat makan sahur dan berbuka puasa.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini