home ×
Digilife

YouTube Music Punya 50 Juta Pelanggan, Spotify Ketar-ketir

06 September 2021 By
YouTube Music Punya 50 Juta Pelanggan, Spotify Ketar-ketir
Share
Share
Share
Share

YouTube Music (Foto: Unsplash)

Uzone.id -  Tidak butuh waktu lama bagi YouTube untuk mengklaim tonggak sejarah lain untuk layanan musiknya. Google mengklaim telah mengumpulkan 50 juta pelanggan YouTube Premium dan Musik secara gabungan kira-kira satu setengah tahun setelah mencapai angka 20 juta.

“Ini juga merupakan layanan berlangganan musik yang berkembang paling cepat", menurut kepala musik YouTube Lyor Cohen, seperti dikutip dari Engadget, Senin (6/9/2021).

Cohen menambahkan jika layanan berlangganan musiknya ini berkembang paling cepat dan mengesankan di negara-negara seperti Brasil, India, Jepang, Rusia dan Korea Selatan.

BACA JUGA: Siaran Analog Dimatikan Mulai 30 April 2022, Jawa Timur Termasuk

Namun, angka itu masih membuat YouTube Music masih lebih kecil dari Spotify, yang mengklaim 165 juta pelanggan Premium per Juni 2021.

Sementara Apple belum membocorkan jumlah pelanggan Musiknya sejak Juni 2019, ketika memiliki 60 juta pelanggan, sementara Amazon terakhir menyebut 55 juta pelanggan Musik.

 

Baca juga: Selama Pandemi, Lebih dari 1 Juta Video Hoaks Virus Corona Telah Dihapus YouTube


Namun, angka-angka ini secara terpisah akan menunjukkan bahwa YouTube dengan cepat menjadi kekuatan utama dalam streaming musik.



Sekadar diketahui, pelanggan YouTube Premium yang berlangganan dalam periode tertentu akan secara otomatis menjadi pelanggan Music. Sehingga menimbulkan kerancuan mana yang benar-benar berlangganan karena YouTube Music.

Data ini mengisyaratkan persaingan di dunia streaming musik sedang memanas di mana YouTube dan Amazon Music bisa saja menjadi ancaman bagi pemain lama seperti Spotify dan Apple. Namun memang hal itu bisa memakan waktu lama sebelum YouTube cukup besar untuk membuat pesaing khawatir.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id